Pengertian Administrasi Perkantoran Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Administrasi perkantoran berhubungan langsung dengan sistem manajemen administrasi di sebuah perkantoran. Manajemen administrasi perkantoran merupakan salah satu bagian dari manajemen yang memberikan informasi layanan di bidang administrasi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efektif dan mampu memberikan dampak kelancaran pada bidang lainnya. Memang banyak sumber yang menggunakan istilah administrasi perkantoran dan manajemen perkantoran sebagai hal yang sama. Pengertian administrasi perkantoran menurut para ahli juga bisa diartikan melalui istilah anajemen perkantoran. Namun, yang lebih sering digunakan adalah istilah administrasi perkantoran karena lebih sesuai dengan pengertiannya secara luas.

                Dalam pengertian yang sempit, administrasi perkantoran adalah semua kegiatan yang bersifat teknis dan mempunyai peranan penting dalam pelayanan terhadap pelaksanaan pekerjaan yang operatif, mampu menyediakan keterangan untuk pimpinan dan juga membantu kelancaran organisasi perusahaan. Secara lebih luas, administrasi perkatoran atau manajemen perkantoran adalah suatu rangkaian kegiatan merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, mengawasi, dan menyelenggarakan berbagai pekerjaan perkantoran dan ketatausahaan secara tertib. Bila dalam sebuah perusahaan, organisasi, atau instansi administrasi perkantoran tidak berjalan dengan lancar dan tertib, bisa dipastikan bahwa segala hal yang berhubungan dengan dokumen ketatausahaan akan menjadi kacau, termasuk juga dengan pelaporan rutinnya.

9

                Pengertian administrasi perkantoran menurut para ahli bisa menjadi penjabaran yang lebih luas. Berikut ini adlah definisi-definisi tersebut yang dikemukakan oleh para pakar administrasi dan manajemen.

  • Menurut Millis Geoffrey, manajemen perkantoran adalah seni dalam membimbing anggota kantor untuk menggunakan sarana sesuai dengan lingkungannya agar tercapai tujuan yang diinginkan.
  • Menurut William Spriegel dan Ernest Daview, manajemen perkantoran adalah pemberian arahan menyeluruh pada kegiatan seperti transportasi, manufacturing, pergudangan, dan penjualan.
  • Menurut George R. Terry, administrasi perkantoran adalah perencanaan, pengorganisasian, pengoordinasian, dan pengawasan kerja dan pelaksanaany kantor agar bisa mencapai tujuan yang ditentukan.
  • Menurut Edwin Robinson dan William Leffingwell, administrasi perkantoran adalah turunan dari seni dan ilmu manajemen yang berkaitan dengan pelaksanaan pekerjaan kantor secara efisien.
  • Menurut Sir W. H. Evans, administrasi perkantoran adalah fungsi yang berkaitan dengan proses manajemen dan pengarahan semua tahap operasi di sebuah kantor, seperti pengolahan data, komunikasi, dan ingatan organisasi.
  • Menurut Arthur Granger, administrasi perkantoran adalah fungsi untuk menyelenggarakan tata pelayanan komunikasi dan pendokumentasian dari suatu organisasi atau perusahaan.
  • Menurut Suparjati, administrasi perkantoran adalah suatu proses kerja sama di kantor untuk mencapai tujuan yang ditetapkan dengan melaksanakan fungsi-fungsi manajemen.

                Administrasi perkantoran mencakup berbagai kegiatan yang berhubungan dengan bidang ketatausahaan. Kegiatan-kegiatan yang tercakup di dalamnya adalah mengetik, menghitung, memeriksa, menyimpan, menelepon, menggandakan, mengirim surat, mencatat, dan menyortir. Dalam pengertian administrasi perkantoran menurut para ahli di atas dikatakan bahwa manajemen perkantoran memiliki fungsi-fungsi dalam kegiatannya, fungsi-fungsi tersebut adalah manajemen dan pengarahan, tata laksana, pelaksana efisien, manajemen, pengawasan, pengendalian dan pengawasan, pengarahan dan pengawasan, pengarahan, serta perencanaan pengendalian dan pengorganisasian. Kesemua fungsi tersebut harus dilakukan dengan aturan dan tatanan yang sesuai agar perusahaan atau kantor bisa mencapai tujuan yang ingin dicapai dan sudah ditentukan sebelumnya.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian mahasiswa , pengertian mailing list , pengertian orde baru , pengertian alquran , pengertian monitor , pengertian perangkat lunak , pengertian web server , pengertian hak cipta , pengertian seni budaya , pengertian administrasi perkantoran , pengertian deposito

Related Posts