Pengertian Mailing List Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Pernahkah Anda mendengar istilah mailing list? Istilah ini sangat akrab dengan internet karena memang merupakan salah satu jenis alat komunikasi di dunia maya. Pengertian mailing list menurut para ahli juga menjelaskan hal yang sama. Mailing list biasa disebut juga dengan milis, diartikan sebagai sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok user untuk saling tukar informasi atau tempat untuk berdiskusi. Milis bisa juga disebut sebagai sebuah grup komunikasi atau grup diskusi di internet yang memungkinkan setiap anggotanya untuk berlangganan dan ikut serta dalam segala kegiatan surat menyurat dan berbagi informasi di dalamnya. Segala macam informasi bisa didapatkan melalui aplikasi ini, mulai dari informasi di bidang ekonomi, politik, budaya, kesehatan, agama, dan bidang-bidang lainnya.

Secara sederhana, mailing list atau milis ini merupakan kumpulan daftar alamat surat elektronik yang di dalamnya berkumpul anggota-anggota yang memiliki kepentingan atau kegemaran dalam bidang yang sama. Tiap salah satu anggota mengirimkan surat kepada seluruh anggota milis dalam database tersebut, para anggota yang menerima surat tersebut mempunyai hak untuk membalas atau tidak. Jika memang dianggap kurang menarik atau tidak sesuai dengan minatnya, anggota boleh mengabaikan surat yang masuk tersebut. Dalam milis, diskusi bisa diatur dengan bentuk diskusi moderated atau unmoderated tergantung dari keinginan dan kebutuhan seluruh anggota dalam milis tersebut. Tentunya bila diskusinya berbentu moderated, segala aturan dan jalannya diskusi akan diatur sepenuhnya oleh moderator yang telah ditentukan.

1

Pengertian mailing list menurut para ahli juga memuat mengenai manfaat dan fungsinya. Melihat keberadaan mailing list yang sangat membantu banyak di dunia internet dan komunikasi. Sebagai salah satu forum diskusi, fungsi dan manfaat mailing list bisa dipelajari untuk mengetahui keuntungan menggunakan aplikasi komunikasi ini. Fungsi dan manfaat yang dimaksud adalah (1) anggota milis akan mendapatkan segala informasi yang di-share dalam forum diskusi ini, tentunya sesuai dengan tea yang diikuti, (2) bisa saling bertanya jawab dengan seluruh anggota, jadi bisa mendapatkan beragam jawaban atau respon yang bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan, dan (3) bisa mendapatkan berita yang sedang popular dari teman-teman seanggota milis dan langsung mendiskusikannya.

Keberadaan milis bisa dikatakan mirip dengan forum internet di situs-situs internet lainnya karena merupakan perkumpulan sebuah komunitas yang memiliki kegemaran atau kesukaan yang sama. Bedanya hanya pada ada atau tidak notifikasi. Bila Anda mengikuti salah satu komunitas milis, Anda bisa mengatur di setingan email Anda apakah mengizinkan notifikasi mengenai segala hal yang berhubungan dengan pembicaraan di milis muncul di email atau tidak. Sedangkan untuk forums diskusi situs sama sekali tidak ada notifikasi di email. Bagi Anda yang rishi karena merasa email terlalu banyak notifikasi dan tidak sempat selalu membacanya setiap hari bisa me-non-aktifkannya, tetapi sebenarnya notifikasi ini juga memiliki banyak kelebihan. Salah satunya adalah Anda tetap bisa mengetahui apa saja perbincangan yang terjadi di milis selama Anda tidak sempat bergabung. Pengertian milis menurut para ahli memang selalu menarik untuk dibicarakan karena segala hal yang berhubungan dengan internet tak pernah berhenti memberikan inovasi.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian mahasiswa , pengertian mailing list , pengertian orde baru , pengertian alquran , pengertian monitor , pengertian perangkat lunak , pengertian web server , pengertian hak cipta , pengertian seni budaya , pengertian administrasi perkantoran , pengertian deposito

Related Posts