penyakit diabetes melitus , Penyebab , Tanda ciri gejala , pencegahan , dan cara pengobatannya

 Kesehatan

Penyakit yang saat ini menjadi momog dan ditakuti banyak orang adalah penyakit diabetes militus, tidak jarang juga banyak orang sering bertanya-tanya apa sebenanya penyakit diabetes melitus , Penyebab , Tanda ciri gejala , pencegahan , dan cara pengobatannya, oleh karena itu, mari kita bahas satu persatu, apa sebenarnya penyakit diabetes militus? Penyakit diabetes adalah keadaan dimana tubuh tidak lagi dapat menghasilkan hormon insulin yang sesuai dengan kebutuhan atau dengan kata lain tubuh tidak lagi dapat memanfaatkan secara maksimal insulin yang telah dihasilkan, sehingga terjadi kelonjakan kadar gula dalam darah yang melebihi batas normal. Penyakit diabetes militus ini juga sering dikenal dengan istilah kencing manis, karena tanda penyakit ini yaitu memiliki kadar gula yang terlalu tinggi yang menyebabkan tumpukan gukosa pada urin, glukosa ini memang sangat dibutuhkan bagi tubuh sebagai penambah energi, namun dalam batas yang wajar. Jika terjadi penumpukan glukosa yang terlalu banyak maka justru akan membahayakan bagi kesehatan tubuh kita.

2

Penyakit diabetes melitus , Penyebab , Tanda ciri gejala , pencegahan , dan cara pengobatannya dapat anda ketahui dengan meluangkan sedikit waktu untuk membaca artikel ini. Beberapa penyebab penyakit diabetes militus antara lain

  1. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula

Di era modern ini kita banyak menjumpai beberapa makanan dengan cita rasa manis dan tentunya menggunakan banyak gula, karena tergiur dengan rasa yang enak maka orang seringkali melupakan kesehatan, misalnya terlalu menyukai minuman bersoda yang manis, minuman sirup dengan aneka rasa, permen serta es krim yang banyak di sukai oleh kebanyakan orang. Seharusnya jika kita sebagai konsumen ingin lebih menjaga kesehatan sebaiknya juga memikirkan apa dampak yang di timbulkan jika kita mengonsumsi makanan yang di jual bebas di pesaran tersebut tanpa mengetahui seberapa banyak gula yang digunakan sebagai campurannya, berbeda lagi dengan olahan yang kita buat sendiri di rumah, maka kita akan lebih mudah mengontrol banyak ataupun sedikitnya gula yang diperlukan sehingga tidak berlebih dan membuat kita mudah terjangkit penyakit

  1. Kurang memiliki waktu tidur yang cukup

Hal ini yang sering tidak disadari oleh beberapa orang, bahwa sesungguhnya kurang tidur juga dapat menjadi penyebab terjangkitnya penyakit diabetes militus, seseorang yang sering bergadang dapat menyebabkan system kekebalan tubuh menjadi berkurang, yang tentunya berakibat lebih mudah terjangkit penyakit.

  1. Kebiasaan merokok

Banyak hal buruk yang ditimbulkan akibat kebiasaan merokok, salah satunya adalah penyakit diabetes militus, hal ini terjadi karena dengan merokok dapat merusak hati serta pankreas sehingga produksi hormon  insulin menjadi terganggu, karena insulin di produksi di dalam kelenjar pangkreas.

  1. Keturunan

Penyebab diabetes yang selanjutnya adalah karena keturunan, faktor keturunan menjadi faktor terbanyak penderita diabetes, karena jika ayah dan ibu menderita diabetes maka kemungkinan sebanyak 85% anak akan menderita penyakit serupa, namun tidak perlu hawatir, hal ini dapat di cegah dengan pola dan gaya hidup yang sehat.

Related Posts