Ini Dia Manfaat dan Khasiat Buah Maja

 Kesehatan

Buaha maja dikenal sebagai buah kaya akan legenda. Keberadaan buah ini kerapkali disangkutpautkan dengan salah satu kerajaan besar di Indonesia, yakni kerajaan Majapahit. Hubungan buah ini dengan cerita kerajaan Majapahit lah yang membuatnya mempunyai nama buah maja. Konon, nama Majapahit itu berasal dari kata ‘maja’ dan ‘pahit’ yang bermakna buah maja yang rasanya pahit. Memang tepat sekali, buah dengan warna hijau dan berbentuk bundar sempurna ini memang memiliki rasa yang pahit. Meski rasanya tidak mengenakkan, ini dia manfaat dan khasiat buah maja patut untuk digali lebih dalam karena sunggu luar biasa. Anda yang selama ini meremehkan buah ini bisa sesegera mungkin mengubah pemikiran tersebut.

Buah maja memiliki nama Latin Aegle Marmelos. Tanaman buah maja merupakan jenis tanaman yang tahan pada segala cuaca, termasuk cuaca ekstrem, sehingga sangat tidak mengherankan bila tanaman ini banyak tersebar di seluruh dunia. Buah ini memiliki ukuran yang hampir sama dengan jeruk bali. Bahkan, tak sedikit orang yang salah menganggap bahwa buah maja adalah buah jeruk bali. Buah ini memang masuk dalam keluarga jeruk-jerukan. Buah dengan daging berwarna jingga ini memiliki aroma yang sangat menggoda, tetapi rasanya tidak semenggiurkan aroma yang dikeluarkan. Di dalam buah maja yang rasanya pahit ini terkandung banyak sekali nutrisi dan gizi yang sangat baik bagi kesehatan dan pengobatan. Kandungan yang dimaksud adalah air, karbohidrat, protein, vitamin C, tiamin, niasin, karoten, lemak, dan tannin.

5

Dengan kandungan nutrisi dan gizi yang telah disebutkan di atas, ini dia manfaat dan khasiat buah maja yang sangat baik bagi kesehatan dan pengobatan berbagai penyakit.

  • Buah maja yang hampir tua biasanya dipakai untuk mengobati penyakit disentri kronis, diare, dan sembelit.
  • Buah maja bisa juga berfungsi sebagai antibiotik
  • Akar pohon buah maja bisa digunakan untuk mengobati demam yang disertai dengan jantung berdebar-debar.
  • Daun maja kering bisa dipakai untuk mengobati biang keringat pada kulit tubuh.
  • Daun buah maja juga bisa dipakai untuk menggugurkan kehamilan
  • Buah maja dipakai sebagai pestisida pengusir hama yang ramah lingkungan dan biasanya dipakai di sektor pertanian.
  • Buah maja juga bisa diolah menjadi sebuah ramuan yang mampu mengembalikan keperawanan wanita.

Beragam manfaat dari buah dan pohon maja membuat popularitas buah ini selalu dikenang orang. Memang saat ini buah maja sudah tidak banyak dicari karena munculnya beragam obat-obatan kimia, namun pengobatan alami dengan menggunakan buah maja menjadi lebih aman dan tanpa efek samping. Ini dia manfaat dan khasiat buah maja yang baik bagi kesehatan, seperti yang telah dipaparkan di atas patut Anda coba. Jangan bayangkan rasa buah maja yang pahit dan getir, bayangkan saja manfaat yang bisa didapatkan bila rutin mengonsumsi buah ini, tentunya dengan teknik pengolahan tertentu. Selain bisa bermanfaat bagi manusia, daun buah maja juga mampu memberikan manfaat bagi ternak. Misalnya saja ekstrak daun buah maja yang bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit kuku dan mulut pada hewan ternak sapi.

Related Posts