Pengertian komunikasi menurut para ahli

 Pengetahuan

Pengertian komunikasi menurut para ahli. Komunikasi merupakan proses bertukar informasi antara pihak satu dengan pihak yang lain dengan cara saling mengirimkan informasi menggunakan symbol ataupun lambang menggunakan media tertentu secara langsung maupun tidak langsung.

Dalam perkembangannya dari masa ke masa, teknologi telah mengalami berbagai perubahan, yakni perubahan yang meningkat dengan pesat dan membantu mempermudah kehidupan manusia, terutama dalam bidang komunikasi, dengan demikian teknologi berupa komunikasi merupakan harga yang mutlak dan penting bagi pelengkap kehidupan manusia, apalagi fasilitas serta perangkat yang menunjang banyak yang berkembang dan modern sehingga manusia mampu berhubungan dengan satu sama lain dengan mudah dan cepat.

3

Komunikasi sendiri berasal dari kata communicare yang mana memiliki arti yakni memberitahukan, dalam arti luas dapat disebutkan sebagai menyebarkan informasi atau pemberitahuan, yangdisampaikan guna untuk diketahui oleh penerima dan menjadi milik bersama. Komunikasi sendiri terdiri dari dua macam yakni komunikasi primer dan komunikasi sekunder.

Komunikasi primer yakni komunikasi yang mana prosesnya berdifat langsung yakni tanpa perantara yang artinya si pengirim informasi secara langsung memberikan informasi kepada si penerima tanpa adanya media yang menengahinya. Berbeda dengan komunikasi sekunder, yakni penyebaran informasi yang dilakukan dengan bantuan media , seperti penguman tentang adanya gempa di suatu wilayah maka si pemberi informasi tersebut memanfaatkan radio, televise, surat kabar, internet untuk menggandakan informasi tersebut sehingga dapat diterima oleh orang banyak.

Harold laswell mengemukakan teori tentang komunikasi bahwa proses komunikasi adalah dengan cara menjawab berbagai pertanyaan menggunakan W, yakni who, what, which, whom, with. Yang mana menjelaskan tentang siapa yang mengatakan, apa, melalui apa, kepada siapa, dengan efek apa. Maka, teori tersebut mampu digunakan sebagai pengantar untuk berkomunikasi.

Teori di atas memberikan informasi yang cukup lengkap sebagai pedoman untuk berkomunikasi dan digunakan untuk menyebarkan informasi.

Lain daripada itu, dalam dunia tulis menulis diketahui terdapat rumus 5W + 1H yakni What, Where, When, Who, Why dan How yang menanyakan apa,ddiaman, kapan, siapa, kenapa dan bagaimana. Hal itu merupakan suatu rumus yang dapat digunakan untuk menyusun data hingga menjadi informasi dan disebarkan secara luas untuk dimiliki bersama sebagai komunikasi. Bagaimana komunikasi dapat terbentuk, tentulah harus melalui berbagai pengolahan informasi.

Gambaran proses terjadinya komunikasi menurut Schramm yakni Encoder (penyandi) lalu pengeriman signal akhirnya sampai ke penerima. Yang mana encoder adalah sebagai pihak pertama yang memiliki informasi untuk disebarkan, lalu signal merupakan pesan atau berita yang nantinya aka dikirimkan kepada si penerima, dimana pesan tersebut dapat berupa tulisan, rumusm, kata, diagram, atau peta. Dan yang terkhir adalah penerima yang berfungsi sebagai penerima pesan dan memecahnya hingga menjadi informasi yang nantinya mudah dipahami maupun dihayati oleh para penerima yang lain.

Sekian pengertian komunikasi menurut para ahli dari Harold laswell dan Schramm yang dapat penulis sampaikan, semoga menjadi informasi pengetahuan tambahan bagi pembaca yang sedang mencari referensi. Semoga bermanfaat.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian komunikasi , pengertian email , pengertian sejarah , pengertian etika , pengertian bank , pengertian puisi , pengertian budaya , pengertian kewirausahaan

Related Posts