Pengertian Akuntansi menurut para ahli

 Pengetahuan

Pengertian Akuntansi menurut para ahli. Perkembangan akuntansi akan selalu sejajar dengan perkembangan dunia usaha karena para pengusaha atau pedagang aka selalu membandingkan harta sebelum mereka melakukan perdagangan dengan harta pada saat mereka telah melakukan perdagangan, apakah ada perubahan atau tidak hal tersebut dapat diketahui dengan kegiatan akuntansi.

Pada abad ke-14 diketahui bahwa akuntansi pada jaman itu masih menggunakan cara sederhana yakni melakukan pencatatan kecil, namun seiring perkembangan waktu di bidang akuntansi, kini pembukuan telah dilakukan dengan sistematis.

2

Di Indonesia sendiri, akuntansi mulai berkembang setelah undang – undang mengenai tanam paksa telah dihapuskan sehinggapara pengusaha Belanda berlomba –lomba untuk menanmkan modalnya di Indonesia, maka pada saat itulah kebutuhan usaha akan akuntansi menjadi berkembang sangat pesat dan sangat dibutuhkan oleh para pengusaha. Dari kebutuhan itulah bermunculan berbagai kursus –kursus serta sekolah yang mengeluarkan jurusan mengenai akuntansi sebagai wadah cikal bakal para akuntan di Indonesia.

Manurut American Accounting Association (AAA) bahwasannya Akuntansi adalah proses mengidentifikasi, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan jelas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut. Pernyataan tersebut mengandung makna yakni proses untuk mengukur , mencatat dan melaporkan informasi ekonomi guna  mengambil keputusan yang digunakan untuk pihak yang membutuhkan.

Kegunaan akuntansi sendiri yakni:

  1. Perencanaan

Merencanakan kegiatan yang akan dilaksanaan pada kegiatan selanjutnya

  1. Pengendalian

Pengendalian disini berfungsi sebagai penerapan akuntansi yang baik guna mengontrol jalannya perusahaan

  1. Pertanggungjawaban

Pertanggungjawaban disini merupakan laporan keuangan yang disampaijan kepada pihak yang membutuhkan guna mendapatkan penilaian.

Menurut bidang dan tujuan, akuntansi memiliki berbagai jenis yakni:

  1. Akuntansi keuangan

Yakni berfungsi sebagai pengolah data keuangan menjadi laporan keuangan guna untuk diinformasikan kepada pihak yang membutuhkan

  1. Akuntansi manajemen

Bidang akuntansi yang bertujuan menyediakan informasi untuk pihak manajemen perusahaan untuk mendukung operasi sehari –hari.

  1. Akuntansi pemeriksaan (audit)

Bidang akuntansi ini berhubungan dengan pemeriksaan independen yang mana dapat diberikan pendapat mengenai kelayakannya.

  1. Akuntansi biaya

Akuntansi yang tujuannya menyediakan informasi biaya saja.

  1. Akuntansi perpajakan

Akuntansi yang hanya gunanya untuk menyiapkan laporan yang diperlukan untuk penetapan pajak

  1. Akuntansi penganggaran

Akuntansi yang tugasnya untuk merencanakan keuangan dalam periode tertentu di masa yang akan datang

  1. Akuntansi pemerintahan

Akuntansi yang dikhususkan untuk mencatat laporan keuangan yang ada pada badan – badab pemerintah

  1. System akuntansi

Berfungsi sebagai penetapan prosedur seta mengendalian daa keuangan.

Akuntansi juga memiliki jabatan seperti contoh pada akuntan yang bekerja di suatu perusahaan swasta pada umumnya menduduki jabatan jabatan sebagai kepala bagian akuntansi, staf ahli perpajakan, staf anggaran, direktur keuangan, staf akuntansi bahkan bisa menduduki jabatan sebagai direktur utama.

Sekian pengertian tentang akuntansi menurut para ahli yang dapat diulas dalam artikel ini, akuntansi merupaka suatu keharusan untuk dipelajari karena hidup ini akan terus memerlukan keuangan untuk memutuskan berbagai hal yang berkaitan dengan segala pembelian.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian hukum , pengertian jaringan computer , pengertian akuntansi , pengertian komunikasi

Related Posts