Ini dia contoh makalah seni musik

 Tugas

Pada kesempatan kali ini, saya selaku pemakalah akan membahas makalah yang berjudul makalah seni musik. Indonesia adalah bangsa yang majemuk, terkenal dengan keanekaragaman dan keunikannya. Setiap daerah terdiri dari berbagai suku bangsa, yang mendiami belasan ribu pulau. Seni merupakan karya ciptaan manusia yang terinspirasi oleh alam semesta. Seni dapat dibedakan menjadi 3 cabang, yaitu seni suara, seni gerak dan seni rupa. Seni suara terbagi menjadi 2 bagian seni sastra dan seni musik. Seni sastra meliputi prosa dan puisi. Seni musik meliputi Seni lagu (vocal) dan seni instrumental. Seni yang tidak perneh terpisah dari kehidupan manusia adalah seni musi. Musik merupak kumpulan melodi yang membentuk irama tercipta melalui alunan alat musik atau suara. Hidup manusia akan terasa hampa apabila tidak ada musik dalam keseharian hidupnya. Tujuan penulis membuat makalah ini adalah untuk membahas lebih dalam seni musik dalam mempengaruhi segala aspek kehidupan. Saya selaku penulis telah melakukan pengamatan dan membaca beberapa buku sebagai referensi saya dalam menulis makalah ini. Saya ucapkan terima kasih kepada guru pembimbing yang telah membimbing dan mengarahkan saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya ucapkan terima kasih pula kepada keluarga, teman dan rekan yang telah membantu dan mendukung saya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan lancar. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini. Oleh sebab itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dalam melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca.

11

Dari pembahasan makalah seni musik dapat ditarik kesimpulan bahwa Musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi-bunyian. Seni musik merupakan cabang seni yang menggunakan media bunyi sebagai sarana pengungkapan ekspresi senimannya. Menurut bentuknya musik dapat dibedakan menjadi tiga macam yaitu vocal merupakan jenis musik yang dinyanyikan dengan suara manusia, Instrumental yaitu musik yang dinyanyikan dengan alat-alat musik saja dan Campuran merupakan perpaduan suara manusia (vocal) dengan musik instrumental yang dimainkan bersamaan. Dalam sebuah ciptaan musik, nada menempati posisi terkecil. Secara sistematis, struktur bentuk musik dapat diuraikan sebagai berikut

1. Nada bertindak sebagai satuan terkecil dalam sebuah ciptaan musik
2. Kumpulan dari nada dinamakan kata.
3. Kumpulan beberapa kata dinamakan frase.
4. Kumpulan frase musik akan membentuk kalimat musik.
5. Kumpulan beberapa kalimat musik dinamakan dengan tema. Tema dapat pula disebut dengan verse, chorus, atau baik musik.
6. Kumpulan tema dinamakan ciptaan.

Indonesia memiliki seni musik tersendiri yang menjadi ciri khas suku tertentu. Fungsi dari seni musik daerah tersebut sebagai alat pengiring upacara adat daerah, sarana hiburan dan sarana Pendidikan. Peran dari seni musik tersebut untuk daerah adalah sebagai lambang/identitas dan tari khas daerah, sebagai ekspresi dan komunikasi sosial budaya bagi masyarakatnya dan sebagai kebanggan terhadap potensi daerah yang perlu dilestarikan dan dikembangkan sebagai dari budaya nasional Indonesia.

Demikian makalah seni musik yang telah dibahas. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini dikarekan keterbatasan waktu.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : makalah sistem informasimakalah filsafat pendidikan , makalah komunikasi bisnis , makalah pengantar bisnis , makalah filsafat hukum , makalah seni musik , contoh saran makalah , makalah teknologi informasi , makalah ipa , makalah perbankan , makalah akuntansi manajemen

 

Related Posts