Pengertian Analisa Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Analisa selalu bersandingan dengan data. Apa itu analisa? Jika selalu dikaitkan dengan istilah data, analisa memiliki kaitan pula dengan penelitian. Pengertian analisa menurut para ahli adalah pun juga akan membahas hal yang serupa, meski dalam kemasan-kemasan bahasa yang berbeda. Secara sederhana, analisa merupakan suatu kemampuan dalam memecahkan permasalahn atau materi menjadi komponen-komponen yang lebih kecil agar lebih mudah untuk dipahami. Secara lebih umum, analisa adalah suatu aktivitas menguraikan, membedakan, atau memilah sesuatu untuk diklasifikasikan dan dikelompokkan kembali menurut kriteria tertentu yang kemudian dicari kaitannya dan ditafsirkan maknanya. Analisa juga bisa dimaknai sebagai suatu sikap atau perhatian terhadap sesuatu sampai mampu untuk menguraikan menjadi bagian-bagian lalu mengenal kaitan antarbagian dalam keseluruhannya.

7

Untuk lebih memahami mengenai analisa, berikut ini ada beberapa pengertian analisa menurut para ahli.

  • Menurut Gorys Keraf, analisa adalah suatu proses dalam memecahkan sesuatu ke dalam bagian-bagian yang saling berkaitan.
  • Menurut Robert J. Schreiter, analisa adalah melikalisasikan tanda-tanda atau kode-kode yang menempatkan tanda-tanda tersebut dalam interaksi yang dinamis dan pesan-pesan yang disampaikan.
  • Menurut Jeffrey Liker, analisa adalah waktu untuk mengumpulkan bukti, untuk berulangkali bertanya “mengapa?” dan menemukan sumber atau akar suatu masalah.
  • Menurut Duyvendak, analisa adalah pekerjaan yang dilakukan oleh pengamat Eropa.
  • Menurut Hanif Al Fatta, analisa adalah tahap awal dalam pengembangan sistem dan merupakan tahap fundamental yang sangat menentukan kualitas sistem informasi yang dikembangkan.
  • Menurut Minto Rahayu, analisa adalah cara membagi-bagi suatu subjek ke dalam komponen-komponen; berarti melepaskan, menanggalkan, menguraikan sesuatu yang terikat padu.
  • Menurut Husein Umar, analisa adalah suatu proses kerja dari tahapan pekerjaan sebelum riset atau percobaan didokumentasikan melalui tahapan penulisan laporan.
  • Menurut Evans dan Lindsay, analisa adalah suatu bagian dari proses pengembangan suatu konsep.
  • Menurut Mochtar Effendy, analisa adalah cara terpenting dan dapat dikembangkan dengan sangat tajam, cermat, dan teliti.

Berdasarkan pengertian analisa menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa analisa merupakan sekumpulan aktivitas dan proses. Bentuk dari kegiatan analisa salah satunya dalah merangkum data mentah menjadi sebuah informasi yang dapat diinterpretasikan. Segala macam bentuk analisis menggambarkan pola-pola yang konsisten dalam data sehingga hasil analisanya bisa dipelajari dan diterjemahkan dengan singkat, tetapi penuh makna. Analisa juga bisa diartikan sebagai suatu penyelidikan pada suatu peristiwa dengan tujuan untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya.

Sesuai dengan pengertian analisa menurut para ahli, dalam sebuah analisa data, proses dan hasil yang biasanya dilakukan meliputi kegiatan mengorganisasikan data, mengelompokkan data, mengklarifikasi data, memaparkan data, dan menarik sebuah kesimpulan. Mengorganisasikan data yang dimaksud adalah mengatur data-data yang diperoleh peneliti selama kegiatan berlangsung, sedangkan pengelompokan dan pengklasifikasian memiliki tujuan untuk mengelas-kelaskan data sesuai dengan yang dibutuhkan dan diinginkan oleh peneliti. Memaparkan data adalah menyampaikan hasil dari proses analisis data tersebut sehingga semua informasi bisa diketahui dalam paparannya. Menarik simpulan adalah mengambil inti dari segala proses tadi secara singkat dan jelas.

Related Posts