Pengertian Efektivitas Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Efektivitas dalam melakukan suatu pekerjaan pastilah menjadi salah satu tolok ukur dalam keberhasilan pekerja. Kualitas suatu pekerjaan juga bisa dinilai dari efektif atau tidaknya waktu, proses, kegiatan, dan hasil yang didapatkan dari pekerjaan tersebut. Keberadaan efektivitas yang sangat diperlukan dalam proses bekerja inilah yang membuat banyak muncul pengertian efektivitas menurut para ahli adalah. Secara lebih mendalam bisa dilihat dari pembentukan kata awalnya. Efektivitas berasal dari kata efektif yang memiliki makna tercapainya suatu keberhasilan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Dari pengertian menurut asal istilah tersebut bisa diketahui bahwa efektivitas selalu berkaitan antara hasil yang diharapkan dengan hasil yang telah dicapai.

8

Selain pengertian dari asal istilahnya, berikut ini ada beberapa pengertian efektivitas menurut para ahli.

  • Menurut Abdurahmat, efektivitas adalah pemanfaatan suatu sumber daya, sarana, dan prasarana dalam jumlah tertentu yang secara sadar ditetapkan sebelumnya dengan tujuan untuk menghasilkan sejumlah pekerjaan tepat pada waktunya.
  • Menurut Agung Kurniawan, efektivitas adalah kemampuan melaksanakan tugas, fungsi (operasi
    kegiatan program atau misi) suatu organisasi atau sejenisnya tanpa adanya tekanan atau ketegangan di antara pelaksanaannya.
  • Menurut Prasetyo Budi Saksono, efektivitas adalah seberapa besar tingkat kelekatan hasil yang dicapai dengan hasil yang diharapkan dari sejumlah pekerjaan.
  • Menurut Susanto, efektivitas adalah daya pesan untuk memengaruhi atau tingkat kemampuan pesan-pesan untuk memengaruhi, bisa juga diartikan sebagai suatu pengukuran akan tercapainya tujuan yang telah direncanakan sebelumnya secara matang.
  • Menurut Hidayat, efektivitas adalah suatu ukuran yang menyatakan seberapa jauh target berupa kuantitas, kualitas, dan waktu telah tercapai dengan prinsip semakin besar presentase target yang dicapai maka semakin tinggi efektivitasnya.
  • Menurut Effendy, efektivitas adalah indikator dalam tercapainya sasaran atau tujuan yang telah ditentukan sebelumnya sebagai sebuah pengukuran dimana suatu target telah tercapai sesuai dengan apa yang telah direncanakan tersebut.
  • Menurut Sondang P. Siagian, efektivitas adalah pemanfaatan sumber daya, sarana, dan prasarana dalam jumlah tertentu secara sadar ditetapkan sebelumnya untuk menghasilkan barang dan jasa atas kegiatan yang dilakukannya.
  • Menurut Schemerhon John R. Jr., efektivitas adalah pencapaian target hasil atau output yang diukur dengan cara membandingkan anggaran dengan realisasi.

Dalam pengertian efektivitas menurut para ahli, istilah efektivitas biasanya disandingkan dengan efisiensi, meskipun sebenarnya ada perbedaan diantara keduanya. Efektivitas menekankan pada hasil yang dicapai, sedangkan efisiensi lebih melihat pada bagaimana cara mencapai hasil yang dicapai itu dengan membandingkan antara input dan outputnya. Jadi,  sebuah kegiatan dikatakan efektif apabila tujuan kegiatan dapat dicapai. Namun, bila akibat yang tidak dicari dari kegiatan mempunyai nilai yang lebih penting dibandingkan dengan hasil yang dicapai sehingga mengakibatkan ketidakpuasan, kegiatan tersebut dapat dikatakan tidak efisien. Sebaliknya bila akibat yang tidak dicari-cari dari kegiatan itu mempunyai nilai tidak penting, maka kegiatan tersebut dikatakan efisien. Sehubungan dengan itu, dapat disimpulkan bahwa sesuatu efektif bila mencapai tujuan tertentu dan dikatakan efisien bila hal itu memuaskan sebagai pendorong mencapai tujuan, terlepas apakah hal tersebut efektif atau tidak.

Related Posts