Pengertian Database Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Pengertian database menurut para ahli adalah pasti berhubungan dengan teknologi komputerisasi. Keberadaan database menjadi salah satu bagian dari teknologi komputer yang sangat penting karena berguna bagi proses data sehingga menjadi informasi yang berguna. Database terbentuk dari dua kata, yakni data yang bermakna kejadian nyata berupa kata, gambar, atau simbol, sedangkan base adalah tempat atau ruangan untuk berkumpul. Jadi, secara asal kata, database adalah kumpulan data dalam satu tempat yang saling berkaitan dan disusun sesuai dengan aturan yang logis sehingga bisa menghasilkan informasi bagi penggunanya.

10

Selain pengertian yang berasal dari asal katanya, berikut ini adalah pengertian database menurut para ahli.

  • Menurut P. Muda Marbun, database adalah sekelompok data yang memiliki ciri-ciri khusus dan dapat dikelola sedemikian rupa sehingga bisa menghasilkan sebuah format data yang baru.
  • Menurut Gordon C. Everest, database adalah kumpulan data yang mekanis, terbagi, terdefinisi secara formal, dan dikontrol terpusat pada organisasi.
  • Menurut Toni Fabbri, database adalah sistem file-file yang terintegrasi dan memiliki minimal primary key yang berfungsi untuk pengulangan data.
  • Menurut C. J. Date, database adalah koleksi berupa data operasional yang tersimpan dan dipakai oleh sistem aplikasi dari suatu organisasi.
  • Menurut Ramon A. Mata-Toledo & Pauline K. Cushman, database adalah sekumpulan data yang berhubungan secara logika dan memiliki beberapa arti yang saling berpautan.
  • Menurut S. Attre, database adalah koleksi data yang saling berhubungan tentang suatu organisasi dengan macam-macam pemakaiannya.
  • Menurut Didik Dwi Prasetyo, database adalah sekumpulan data yang saling berhubungan dan terorganisasi sedemikian rupa sehingga memudahkan saat akan digunakan kembali.
  • Menurut Diar Puji Oktavian, database adalah sekumpulan data dan prosedur yang mempunyai struktur sedemikian rupa sehingga mudah dalam menyimpan, mengatur, dan menampilkan data.
  • Menurut David M. Kroenke, database adalah fungsi utama untuk aplikasi client server, aplikasi organisasi, dan aplikasi e-commerce bisnis ke konsumen serta bisnis ke bisnis.
  • Menurut Chou, database adalah kumpulan informasi yang bermanfaat dan diorganisasikan ke dalam tatacara yang khusus dan khas.

Penggunaan sistem dalam komputerisasi harus selalu memberikan manfaat bagi penggunanya. Manfaat dalam penggunaan database yang dimaksud adalah sebagai berikut. Pertama, kecepatan dan kemudahan dalam menyeleksi data sehingga bisa terurut dengan cepat dan tepat. Kedua, pemakaian bersama-sama yang bisa dipakai oleh siapa saja dalam suatu perusahaan. Ketiga, kontrol data terpusat sehingga mempermudah dalam mengupdate datanya. Keempat, menghemat biaya perangkat karena untuk menyimpan database hanya dibutuhkan satu server pusat. Kelima, keamanan data dengan adanya password dalam mengaksesnya. Keenam, memudahkan dalam pembuatan aplikasi baru yang dapat dirancang dengan sangat baik.

Dengan manfaat-manfaat database yang disesuaikan dengan pengertian database menurut para ahli di atas, sudah seharusnya bahwa suatu perusahaan memiliki database yang dirancang dengan sangat baik. Penggunaan database memang sangat diperlukan karena manfaatnya yang sangat beragam tersebut. Sebagai salah satu sistem yang sangat diperlukan dalam komputerisasi, database memang tak bisa dihindarkan dan disepelekan begitu saja.

Related Posts