Pengertian Client Server Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Client server merupakan sebuah istilah yang familiar di dalam dunia teknologi dan komputerisasi, terutama yang berhubungan dengan jaringan. Pengertian client server menurut para ahli adalahjuga tidak akan jauh dari ruang lingkup tersebut. Client server termasuk dalam konsep pemprosesan sistem terdistribusi dengan baik. Client server merupakan sebuah paradigma dalam teknologi informasi yang merujuk pada metode untuk mendistribusikan aplikasi ke dalam pihak klien dan pihak server.

Client server terbentuk dari kata client dan server. Client adalah sistem atau proses yang melakukan suatu permintaan data atau layanan ke suatu server. Sedangkan server adalah sistem atau proses yang menyediakan data atau layanan yang diminta oleh client. Jadi, jika keduanya digabungkan menjadi client server memiliki makna pembagian kerja antara server dan client yang mengakses server dalam suatu jaringan tertentu. Di dalam client server terdapat arsitektur client server, yakni desain aplikasi yang terdiri atas client dan server yang saling berkomunikasi saat engakses server di jaringan tertentu.

9

Pemahaman mengenai client server akan lebih terperinci dan jelas dengan adanya pengertian client server menurut para ahli. Berikut ini adalah definisi-definisi para pakar tersebut.

  • Menurut Budhi Irawan, client server adalah komputer database yang berada di pusat yang informasinya bisa dipakai bersama-sama oleh beberapa user yang menjalankan aplikasi di dalam komputer lokal yang disebut client.
  • Menurut Agus Mulyanto, client server adalah arsitektur yang paling banyak dipakai di teknologi modern ini dimana client mampu melakukan proses secara mandiri saat meminta data dan server akan mengirimkan data sesuai permintaan kemudian proses akan dilakukan oleh client.
  • Menurut Budi Sutedjo Dharma Oetomo, arsitektur client server adalah suatu model konektivitas jaringan yang membedakan fungsi komputer sebagai client atau server. Arsitektur ini berfungsi sebagai server yang memiliki tugas untuk memberikan layanan pada clien yang terhubung dalam jaringan tersebut.

Sebagai bagian dari konteks basis data, client servermengatur interface yang berfungsi sebagai tempat menjalankan aplikasi basis data. Client menerima permintaan pemakai, memeriksa sintaksis, dan generate kebutuhan basis data dalam SQL. Lalu, pesan tersebut akan diteruskan ke server, menunggu respon, dan bentuk respon untuk pemakai akhir. Setelah itu, server menerima dan memproses permintaan basis data dan kemudia mengenalikan hasilnya ke client. Dalam proses tersebut melibatkan banyak hal, yakni pemeriksaan autorisasi, jaminan integritas, pemeliharaan data dictionary, dan mengerjakan query serta proses update.

Di dalam pengertian client server menurut para ahli tersirat beberapa keuntungan yang bisa diambil dari arsitektur client server, terutama yang telah dijelaskan di atas. Keuntungan-keuntungan yang dimaksud adalah memungkinkan akses basis data yang benar, menaikkan kinerja, biaya hardware dapat dikurangi, biaya komunikasi berkurang, meningkatkan kekonsistenan, dan map ke arsitekturnya sangat alami. Masing-masing keuntungan tersebut bisa didapatkan oleh pengguna arsitektur client server sesuai penjelasan sebelumnya. Client server memang salah satu hal yang saat ini memang sedang berkembang di dunia komputerisasi. Jadi, tidak heran bahwa banyak yang menelaah dan mengkajinya.

Related Posts