Pengertian Demografi Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Tahukah Anda apa demografi itu? Termasuk dengan pengertian demografi menurut para ahli adalah? Bagi Anda yang belum pernah mendengar istilah demografi sangat wajar karena istilah ini tidak biasa dibicarakan dalam percakapan sehari-hari. Demografi hanya ada dalam konteks ilmu-ilmu tertentu yang berhubungan dengan kependudukan. Namun, saat bersamaan dengan sensus penduduk yang dilakukan 10 tahun sekali, istilah demografi akan sering dibicarakan karena momennya yang tepat. Demografi adalah suatu kajian ilmu yang membahas mengenai populasi penduduk yang menyangkut jumlah, usia, kepadatan, kematian, kelahiran, pertumbuhan, dan segala macam variabel kependudukan. Demografi juga mempunyai kajian yang khusus mempelajari dinamika penduduk yang berhubungan dengan struktur dan distribusi penduduk.

Istilah demografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu demos bermakna rakyat atau penduduk dan grafein yang bermakna menulis. Sehingga bila dilihat dari asal katanya, demografi bisa bermakna tulisan atau karangan tentang rakyat atau penduduk. Penggunaan istilah ini pertama kali dipakai oleh Achille Guillard pada tahun 1885. Selanjutnya, sejak saat itu demografi banyak dipakai untuk menjelaskan mengenai ilmu yang membicarakan tentang kependudukan dan segala permasalahn di dalamnya, terutama yang berhubungan dengan sensus penduduk. Dalam kajian ilmu tersebut, demografi digunakan sebagai analisis pada penduduk yang ditujukan langsung pada masyarakat luas atau kelompok tertentu yang biasanya didasarkan pada pendidikan, kewarganegaraan, agama, suku, dan ras.

8

Pengertian demografi menurut para ahli sangatlah beragam karena cakupannya yang luas. Hal ini akan dipaparkan dalam ulasan di bawah ini.

  • Menurut D.V. Glass, demografi adalah ilmu yang mempelajari penduduk dan pengaruhnya dari proses demografis itu sendiri, yakni : fertilitas, mortalitas dan migrasi.
  • Menurut Hawthorn, demografi adalah ilmu mengenai interaksi tingkat perkembangan dari kelahiran, kematian, dan migrasi serta dampak dari perubahan tersebut dan perkembangnnya.
  • Menurut Achille Guillard, demografi adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu mengenai manusia, dari keadaan dan sikap yang dapat diukur.
  • Menurut George W. Barclay, demografi adalah ilmu mengenai gambaran menarik dari penduduk yang digambarkan secara statistika, berupa tingkah laku keseluruhan dan bukan tingkah laku perorangan.
  • Menurut Johan Susczmilch, demografi adalah ilmu yang mempelajari hukum Illahi dalam perubahan-perubahan pada umat manusia yang tampak dari kelahiran, kematian, dan pertumbuhannya.
  • Menurut Donald J. Boague, demografi adalah ilmu yang mempelajari secara statistika dan matematika tentang besar, komposisi, dan distribusi penduduk serta perubahan-perubahan di dalamnya yang meliputi kelahiran, kematian, perkawinan, migrasi, dan mobilitas sosial.
  • Menurut Phillip M. Hauser dan Dudley Duncan, demografi adalah ilmu yang mempelajari mengenai jumlah, persebaran territorial, dan komposisi penduduk serta perubahan dan sebab-sebab perubahan tersebut.

Berdasarkan pengertian demografi menurut para ahli di atas, dapat diketahui bahwa demografi memiliki tujuan-tujuan tertentu. Tujuan-tujuan yang dimaksud adalah sebagai berikut. Pertama, mempelajari jumlah dari hasil distribusi suatu daerah. Kedua, mendeskripsikan pertumbuhan dan persebaran pada masa lampau dengan sebaik-baiknya. Ketiga, mengembangkan sebab akibat dari perkembangan penduduk dan aspek organisasi lain. Keempat, memprediksi pertumbuhan penduduk di masa yang akan datang dari hasil telaah yang sudah ada.

Related Posts