Pengertian Iptek Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Perkembangan iptek akhir-akhir ini sangatlah pesat. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya ilmu dan teknologi yang terus berkembang dan tak jarang pula yang memunculkan terobosan-terobosan baru. Seiring dengan hal tersebut, pengertian iptek menurut para ahli juga mengambil peranan penting dalam perkembangannya. Keberadaan iptek tanpa adanya ahli atau pakar merupakan hal yang tidak mungkin karena pakarlah yang menciptakan beragam ilmu dan teknologi tersebut. Tentunya penciptaannya tidak serta merta langsung jadi, ada proses panjang yang harus dilalui dengan tidak mudah dan tidak sebentar.

Iptek merupakan akronim dari ilmu pengetahuan dan teknologi. Istilah ini terbentuk dari dua hal yang berbeda, tetapi berjalan beriringan mencapai  satu hal yang sama, yakni kemajuan kehidupan makhluk hidup. Ilmu pengetahuan adalah suatu pengetahuan yang didasarkan pada kebenaran yang pengujiannya diatur menurut tingkah laku suatu sistem. Sebagai salah satu tonggak definisi di Indonesia, KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) menyatakan bahwa ilmu pengetahuan merupakan pengetahuan mengenai suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu, dan hal tersebut bisa dipakai untuk menerangkan gejala-gejala tertentu.

4

Sebelum membahas mengenai pengertian iptek menurut para ahli, terlebih dahulu kita bahas mengenai ilmu pengetahuan yang dikemukakan oleh para ahli. Menurut Horton P. B. dan Chester L. H, ilmu pengetahuan adalah suatu upaya pencarian pengetahuan yang dapat diuji, diandalkan, dan dilakukan secara sistematis sesuai dengan tahap-tahap, prinsip-prinsip, dan prosedur tertentu. Ilmu pengetahuan mempunyai tiga komponen penting, yakni ontologis, epistemologis, dan aksiologis. Ontologis adalah hakikat yang dikaji oleh ilmu pengetahuan. Epistemologis adalah cara memperoleh dan menyusun ilmu pengetahuan. Sedangkan aksiologis adalah asas dalam menerapkan ilmu pengetahuan atau fungsinya.

Iptek merupakan bentukan dari ilmu pengetahuan dan teknologi. Teknologi sendiri berasal dari bahasa Yunani tekne yang bermakna pekerjaan dan logos yang bermakna suatu ilmu mengenai peralatan, prosedur, dan metode yang dipakai di berbagai cabang industri. Berikut ini adalah beberapa definisi lebih lengkap mengenai teknologi yang dikemukakan oleh para ahli.

  • Menurut Jaques Ellul, teknologi adalah keseluruhan metode yang mengarah dan mempunyai ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia
  • Menurut Mardikanto, teknologi adalah suatu perilaku produk, informasi, dan praktek baru yang belum banyak diketahui, diterima, dan diterapkan oleh sebagian warga masyarakat dalam suatu lokasi tertentu dalam rangka mendorong terjadinya perubahan individu dan atau seluruh warga masyarakat yang bersangkutan.
  • Menurut Prayitno, teknologi adalah perangkat ide, metode, teknik dari benda material yang dipakai dalam waktu dan tempat tertentu untuk memenuhi kebutuhan manusia.
  • Menurut Iskandar Alisyahbana, teknologi adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat, atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindera, dan otak manusia.

Berdasarkan pengertian ilmu pengetahuan dan teknologi di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian iptek menurut para ahli memang tidak bisa dilepaskan dari kedua hal tersebut. Teknologi tak akan tercipta tanpa adanya ilmu pengetahuan, sedangkan ilmu pengetahuan tak akan bisa berkembang dan memunculkan terobosan-terobosan baru tanpa adanya teknologi. Keduanya harus dijalankan dan dimanfaatkan dengan maksimal dan sebaik-baiknya demi kemajuan kehidupan seluruh makhluk di bumi ini.

Related Posts