Pengertian Mouse Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Banyak sekali hal yang bisa dipelajari dari teknologi komputer, mulai dari hardware hingga aplikasi-aplikasi di softwarenya. Saat ini pembahasan akan difokuskan pada salah satu perangkat keras komputer, yakni mouse. Pengertian mouse menurut para ahli juga akan ikut menjadi materi bahasan yang perlu untuk dipelajari. Istilah mouse mungkin sudah bukan hal yang asing di telinga kita semua. Namanya yang unik memang terkadang membuat kita bertanya-tanya, mengapa dinamakan mouse? Perangkat keras tersebut diberi nama mouse karena bentuknya yang mirip seperti tikus dengan kabel yang diibaratkan sebagai ekor, meski saat ini telah banyak beredar mouse dengan teknologi Bluetooth dan wireless. Nama unik inilah yang menjadi salah satu faktor perangkat ini mudah diingat keberadaannya.

                Mouse adalah salah satu perangkat keras komputer yang terhubung ke komputer melalui kabel. Mouse termasuk salah satu alat bantu input dari keyboard yang bekerja pada GUI (Graphical User Interfaces). Dengan demikian bisa diartikan bahwa mouse digunakan saat tampilan komputer bersifat grafis atau visual. Saat ini keberadaan mouse memang sedikit tergeser dengan dikeluarkannya komputer berteknologi touchpad. Namun kenyataannya, masih banyak sekali pengguna yang tetap setia pada teknologi mouse. Mouse memiliki fungsi untuk memasukkan perintah pada komputer, caranya dengan menggeser-geser mouse pada sebuah bidang datar, menempatkan cursornya pada perintah atau ikon yang diinginkan, kemudian menekan “klik” pada tombol kanan atau kiri di mouse yang dipegang. Komputer akan memproses perintah sesuai dengan cursor yang sudah diarahkan tadi.

6

                Selain fungsi utama di atas, mouse masih memiliki banyak fungsi. Fungsi ini penting untuk dipahami di samping pengertian mouse menurut para ahli. Berikut ini fungsi-fungsi yang dimaksud.

  • Menggulung layar dengan enggunakan roda scroll.
  • Mendeteksi gerakan 2 dimensi secara relatif.
  • Membuat pekerjaan mengedit data atau foto menjadi lebih mudah.
  • Memperbesar dan memperkecil tampilan di worksheet.
  • Mengaktifkan command button.
  • Tombol kanan pada mouse berfungsi sebagai enter.
  • Sebagai pengontrol pembesaran tampilan objek.
  • Sebagai konversi dan instruksi ke dalam bentuk sinyal elektronik.

                Ada dua jenis mouse, yakni mouse ball dan mouse optical. Mouse ball adalah mouse keluaran lama yang menggunakan bola penggerak untuk menggerakkannya, sedangkan mouse optical adalah mouse yang menggunakan sensor optik berupa infrared atau cahaya merah. Mouse optic disebut juga dengan mouse optical yang menggunakan sensor lampu LED merah di bagian bawah sebagai cahanya. Keunggulan dari sensor ini mampu menangkap gambar dengan kecepatan 1500 sampai 7000 frame per detik. Mouse jenis optic ini memanfaatkan lampu LED dengan menebarkan cahayanya pada permukaan bidang datar, kemudian sensornya akan menangkap pergeseran pada cahaya tersebut.

                Jenis apapun mouse yang digunakan sama-sama memiliki fungsi utama sebagai salah satu perangkat keras yang tidak bisa dilepaskan dari komputer. Pengertian mouse menurut para ahli menjelaskan bahwa secanggih apapun mouse yang digunakan harus mampu mengoptimalkan fungsi utamanya sehingga tidak menganggu saat digunakan. Percuma memiliki mouse yang canggih dan bagus, tetapi tidak dapat menjalankan fungsi sebagaimana mestinya.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian corel draw , pengertian mysql , pengertian hipertensi , pengertian power point , pengertian basis data , pengertian kas , pengertian mouse , pengertian ftp , pengertian prestasi belajar , pengertian imunisasi , pengertian struktur organisasi

Related Posts