Pengertian dan Fungsi Hardisk

 Pengetahuan

Tahukah anda tentang pengertian dan fungsi hardisk? Untuk menambah pengetahuan anda tentang dunia komputer, simaklah pembahasan berikut!

Pembahasan artikel kali ini dibuat dengan judul pengertian dan fungsi hardisk. Hardisk diartikan sebagai salah satu perangkat keras (hardware) dalam komputer yang berkerja secara sistematis yang dalam proses pengerjaannya digunakan sebagai media untuk menyimpan data. Dalam melakukan kerjanya, hardisk memiliki komponen – komponen utama. Komponen tersebut adalah :

2

  1. Spindle yang merupakan pusat putaran dari keping-keping cakram magnetik penyimpan data.
  2. Cakram Magnetik (Magnetic Disk) yang berbentuk seperti plat tipis (seperti CD-R). Pada cakram magnetik inilah dilakukan penyimpanan data pada hard disk.
  3. Read-write Head adalah media pengambil data dari cakram magnetik. Head memiliki selisih dengan jarak yang tipis dengan cakram magnetik. Sebelumnya tidak ada jarah antara head dan cakram megnetik, hal ini menyebabkan terjadinya kerusakan pada permukaan karena gesekan. Tetapi di masa sekarang, antara head dan cakram sudah diberikan jarak agar umur hardisk lebih lama lagi.
  4. Enclosure adalah lapisan luar pembungkus hard disk yang berfungsi untuk melindungi semua bagian dalam hard disk agar tidak terkena debu, kelembaban dan hal lain yang dapat mengakibatkan kerusakan data.
  5. Breath filter yang terdapat dalam enclosure. Fungsinya adaalah membuat hard disk tidak kedap udara, hal ini bertujuan untuk membuang panas yang ada didalam hard disk karena terjadinya proses putaran pada spindle dan pembacaan Read-write head.
  6. Interfacing Module adalah seperangkat rangkaian elektronik yang mengendalikan kerja bagian dalam hard disk, memproses data dari head dan menghasilkan data yang siap dibaca oleh proses selanjutnya.

Hardisk bukan hanya menyimpan dokumen tapi sebuah data. Fungsi utama dari sebuah hardisk adalah sebagai tempat penyimpanan data dari seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja kantor. Tanpa hardisk, data hasil pemrosesan yang kita kerjakan tidak dapat tersimpan. Komponen – komponen hardisk di atas juga memberikan peranan penting dalam lingkup kerja perangkat keras ini. Jadi bisa dibilang, hardisk merupakan salah satu komponen penting dalam sistem komputer. Untuk anda pengguna setia komputer, sudah seharusnya memahami tentang pengertian dan fungsi hardisk.

Penulis rasa pembahasan artikel dengan judul pengertian dan fungsi hardisk kali ini cukup. Semoga pembahasan kali ini menambah ilmu pengetahuan dan wawasan untuk anda yang membacanya. Penulis juga berharap pembahasan kali ini memberikan kata – kata baru yang membuat pembaca penasaran, sehingga anda akan terus mencari dan mencari ilmu tersebut demi menghilangkan rasa penasaran anda. Teruslah anda membaca, mencari ilmu alam yang tak terbatas, jangan batasi diri untuk terus belajar, karena kita lah yang membutuhkan ilmu, bukan sebaliknya. Jadi sebenarnya tidaklah pantas apabila kita membatasi diri untuk terus belajar. Karena ilmu apapun yang kita miliki jika penerapannya sesuai akan memberikan manfaat yang baik di kehidupan kita mendatang, dan ilmu apapun itu suatu saat nanti pasti akan berguna kelak untuk adik kita, anak, bahkan cucu kita di masa tua nanti. Jadi, teruslah belajar!

Related Posts