Pengertian dan Fungsi Stomata

 Pengetahuan

Kali ini, penulis mengajak pembaca untuk kembali mempelajari kembali tentang ilmu alam. Pembahasan kali ini berhubungan dengan pengertian dan fungsi stomata. Stomata, bukanlah kata yang terbilang asing di kalangan masyarakat.

Artikel kali ini dibuat dengan judul pengertian dan fungsi stomata. Membahas stomata,  sama saja kita menyinggung bagian dari tubuh tumbuhan. Menurut ilmu alam, stomata adalah organ tumbuhan yang berbentuk celah/ lubang, terdapat pada bagian epidermis, berwarna hijau dan dibatasi oleh sel khusus yang disebut sel penutup. Sel penutup dikelilingi oleh sel – sel tetangga. Sel  tetangga adalah sel yang berbentuk sama/ berbeda dengan sel – sel epidermis lainnya. Stomata pada tumbuhan terbagi menjadi 4 tipe, tipe tersebut diantaranya adalah :

1

  • Tipe anomositik merupakan tipe stomata yang memiliki sel penutup dimana, dalam sel penutup tersebut dikelilingi oleh sel tetangga yang memiliki kesamaan bentuk dan ukuran dengan sel epidermis lainnya.
  • Tipe anisositik merupakan tipe stomata yang sel penutupnya dikelilingi oleh tiga buah sel tetangga yang ukurannya tidak sama.
  • Tipe parasitic merupakan tipe stomata yang sel penutupnya didampingi oleh satu sel tetangga atau lebih dengan sumbu panjang sel tetangga sejajar dengan sumbu sel penutup serta celah
  • Tipe diastik merupakan tipe stomata yang dikelilingi oleh 2 sel tetangga

Dalam tumbuhan monokotil, penyebaran stomata tersusun secara longitudinal, sedangkan pada tumbuhan dikotil, penyebaran dan letak stomatanya tidak memiliki aturan. Sesuai dengan pembahasan  pengertian dan fungsi stomata, penulis akan menyebutkan apa saja fungsi stomata dalam tubuh tumbuhan. Fungsi stomata tersebut adalah sebagai berikut ;

  1. Stomata pada tubuh tumbuhan berfungsi untuk mengatur pertukaran gas, antara gas oksigen dan gas karbon dioksida, Hal ini berhubungan dengan adanya celah pada tumbuhan tersebut yang digunakan dalam pertukaran gas. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa stomata berada permukaan daun dan di bawah permukaan daun, sedangkan pada tumbuhan darat stomata lebih banyak terletak pada bagian bawah daun.
  2. Stomata pada tubuh tumbuhan berfungsi untuk mengurangi penguapan
  3. Stomata berfungsi untuk mengatur jalur metabolism, hal ini berarti stomata berfungsi untuk membantu proses fotosintesis dan respirasi anaerobic dalam sel tumbuh – tumbuhan.

Fungsi stomata dalam tumbuhan dapat berkurang dengan adanya paparan sinar ozon secara berlebih. Ozon dapat mengganggu terjadinya proses respirasi pada daun tumbuh – tumbuhan. Hal lain yang terganggu dengan adanya paparan ozon tersebut adalah kemampuan sel penjaga yang ada pada stomata tumbuhan dalam mengembalikan volume air setelah terjadi tugor. Sudahkah anda memahami pengertian dan fungsi stomata?

Penulis rasa pembahasan pengertian dan fungsi stomata  kali ini cukup. Semoga dalam pembahasan kali ini menambah ilmu pengetahuan juga wawasan untuk anda yang membacanya. Penulis juga berharap pembahasan kali ini memberikan kata – kata baru yang membuat pembaca penasaran, sehingga anda akan terus mencari dan mencari ilmu demi menghilangkan rasa penasaran tersebut. Teruslah membaca, mencari ilmu alam yang tidak ada batasnya, dan jangan batasi diri kita untuk terus belajar dan membaca.

Related Posts