Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Psikologi berasal dari bahasa Yunani Psychology yang terbentuk dari gabungan kata psyche yang bermakna jiwa dan logos yang bermakna ilmu. Jadi bila dimaknai secara harfiah, psikologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai masalah kejiwaan. Lalu, bagaimana dengan pengertian psikologi menurut para ahli? Sebelumnya, kita bahas terlebih dahulu pengertiannya secara umum. Cakupan ilmu psikologi sebenarnya sangatlah luas, hal ini karena psikologi mengkaji tentang tingkah laku manusia. Dikatakan sangat luas karena tingkah laku manusia itu tidak bisa dibatasi dan diperkirakan. Apapun yang dilakukan oleh manusia setiap detik merupakan tingkah laku yang bisa diamati.

                Keluasan ilmu psikologi tersebut membuat banyak ahli akhirnya mengelompokkannya dalam berbagai bidang ilmu, yakni psikologi perkembangan, psikologi pendidikan, psikologi sosial, psikologi industri, dan psikologi klinis. Psikologi perkembangan adalah cabang ilmu psikologi yang mempelajari tingkah laku manusia pada tiap-tiap tahap perkembangan manusia semasa hidupnya. Psikologi pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mempelajari tingkah laku manusia dalam hal pendidikan. Psikologi sosial adalah cabang ilmu psikologi yang mempelajari tingkah laku manusia dalam berhubungan dengan masyarakat sebagai makhluk sosial. Psikologi industri adalah cabang ilmu psikologi yang mempelajari tingkah laku dalam dunia industri dan organisasi di dalamnya. Psikologi klinis adalah cabang ilmu psikologi yang mempelajari tingkah laku manusia sehat dan tidak sehat, normal dan tidak normal, kesemuanya dilihat dari segi psikisnya.

1

                Selain pengertian secara harfiah di atas, berikut ini adalah pengertian psikologi menurut para ahli.

  • Menurut Dakir, psikologi adalah ilmu yang membahas tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungannya.
  • Menurut Crow & Crow, psikologi adalah tingkah laku manusia, interaksi manusia dengan manusia lain, makhluk lain, iklim, kebudayaan, lingkungan, dan sebagainya.
  • Menurut Muhibbin Syah, psikologi adalah sebuah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia secara terbuka dan tertutup, baik selaku individu maupun kelompok, dan berhubungan dengan lingkungannya.
  • Menurut Sartain, psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku organisme yang hidup, khususnya tingkah laku manusia.
  • Menurut Ensiklopedia Nasional, psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan hewan baik yang dapat dilihat maupun yang tidak dapat dilihat secara langsung.
  • Menurut Bruno, psikologi bisa dibagi menjadi tiga definisi (1) studi mengenai “ruh”, (2) ilmu pengetahuan mengenai kehidupan mental, (3) ilmu pengetahuan mengenai tingkah laku organisme.
  • Menurut Chaplin, psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai perilaku manusia dan hewan.
  • Menurut Poerbakawatja dan Harahap, psikologi adalah ilmu pengetahuan yang menyelidiki gejala-gejala dan kegiatan-kegiatan jiwa.
  • Menurut Richard Mayer, psikologi adalah analisis proses mental dan struktur daya ingat untuk memahami perilaku manusia.

                Berdasarkan pengertian psikologi menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa psikologi adalah cabang ilmu yang mempelajari mengenai tingkah laku makhluk hidup, baik sebagai individu maupun kelompok, dan hubungannya dengan makhluk hidup lain, lingkungan, kebudayaan, dan lain-lain. Tingkah laku tersebut bisa berupa tingkah laku yang tampak maupun yang tidak tampak, yang disadari maupun tidak disadari. Kesemuanya bisa diamati dan dianalisis menggunakan ilmu psikologi.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian olahraga , pengertian psikologi , pengertian sampah , pengertian bank syariah , pengertian gempa bumi , pengertian router , pengertian investasi , pengertian microsoft word , pengertian search engine , pengertian musik , pengertian web browser

Related Posts