Pengertian Investasi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Pernahkah Anda mendengar istilah investasi? Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar istilah tersebut? Kebanyakan orang selalu mengaitkan istilah investasi dengan dunia ekonomi dan bisnis. Memang imvestasi adalah salah satu kegiatan di perkenomian, tetapi istilah tersebut bisa diartikan lebih luas daripada hanya kaitan saja. Pengertian investasi menurut para ahli juga mulai marak dibahas karena investasi kini telah menjadi lahan bisnis baru yang menjanjikan. Di dunia yang semakin hari segala sesuatunya semakin berkembang ini, investasi sudah menjadi hal yang dicari dan dijalankan oleh banyak orang. Tak hanya uang yang bisa diinvestasikan, saat ini emas, properti, apartemen, bahkan obligasi bisa dijadikan bahan atau modal untuk investasi. Itu yang menyebabkan cakupan investasi semakin hari semakin meluas.



                Secara sederhana investasi bisa diartikan sebagai salah satu bentuk penanaman modal dengan tujuan pembelian asset yang diharapkan bisa mendatangkan keuntungan di masa mendatang. Pada dasarnya istilah investasi tidak hanya dikaitkan dengan bidang ekonomi bisnis saja, melainkan bisa dikaitkan dengan berbagai macam aktivitas. Umumnya, aktivitas investasi sejumlah dana berupa asset real berupa mesin, emas, tanah, obligasi maupun asset finansial berupa deposito atau saham. Investasi bisa dijadikan salah satu pilihan untuk memperoleh penghasilan lebih tinggi di kemudian hari. Yang terpenting dari penanaman investasi adalah harus memiliki ketersediaan dana atau asset dan harus bisa berkomitmen untuk mengikatkan asset.




6

                Pihak-pihak yang melakukan investasi biasa disebut dengan istilah investor. Dalam pengertian investasi menurut para ahli, keberadaan investor sangat penting dalam kegiatan investasi. Investor bisa dibagi menjadi dua, yakni investor individu dan investor institusi. Investor individu adalah investor yang dilakukan oleh perorangan. Sedangkan investor institusi adalah investor yang melakukan penanaman modal secara kelompok atau badan, terdiri atas perusahaan-perusahaan asuransi, bank, lembaga simpan pinjam, dan perusahaan investasi. Harapan seorang investor pastinya ingin mendapatkan keuntungan dan kesejahteraan di masa mendatang.

                Untuk lebih memantapkan pengetahuan mengenai investasi, berikut ini adalah beberapa pengertian investasi menurut para ahli.

  • Menurut Hamid, investasi adalah kegiatan penanaman modal baik langsung maupun tidak langsung dengan harapan pemilik modal mendapatkan keuntungan dari hasul penanaman modal tersebut.
  • Menurut Ferdie Darmawan, investasi adalah salah satu pilihan untuk mencapai kebebasan finansial yang tida dibatasi oleh kesibukan, waktu, dan usia.
  • Menurut jones, investasi adalah penempatan dana pada sebuah atau sekumpulan asset selama periode tertentu dengan harapan dapat memperoleh peningkatan nilai investasi.
  • Menurut Losina Purnastuti, investasi adalah komponen pengeluaran terbesar kedua setelah konsumsi.
  • Menurut Dhuwita, investasi adalah meningkatkan kesejahteraan investor, baik sekarang maupuan di masa yang akan datang.
  • Menurut Sharpe, investasi adalah mengorbankan asset guna mendapatkan asset yang lebih besar di masa yang akan datang.
  • Menurut Reilly dan Brown, investasi adalah komitmen meningkatkan asset untuk masa depan untuk mendapatkan penghasilan yang mampu mengompensasi pengorbanan investor.
  • Menurut Joko Salim, investasi adalah mengelola kelebihan dana untuk memperoleh dana yang lebih besar.
  • Menurut M. Syakir Sula, investasi adalah menanamkan asset, harta atau dana, pada sesuatu dengan harapan akan memberikan hasil pendapatan atau meningkatkan nilai di masa yang akan datang.
  • Menurut Sapto Raharjo, investasi adalah penggunaan dana atau modal untuk pembelian instrument, seperti saham, obligasi, properti, dan lainnya.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian olahraga , pengertian psikologi , pengertian sampah , pengertian bank syariah , pengertian gempa bumi , pengertian router , pengertian investasi , pengertian microsoft word , pengertian search engine , pengertian musik , pengertian web browser

terima kasih udah mau berkunjung ke website kami semoga bisa menjadi insfirasi buat pembaca

Related Posts