Pengertian Biaya Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Ada sebuah ungkapan yang menyatakan bahwa, “Kehidupan itu tidak gratis, selalu ada biaya yang dikeluarkan untuk menjalaninya”. Dari ungkapan tersebut bisa disimpulkan bahwa biaya merupakan salah satu hal yang tak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Keberadaan biaya tidak bisa dihilangkan, tetapi bisa diatur dan dikelola dengan sebaik dan semaksimal mungkin agar tidak menyebabkan kerugian. Mengapa biaya begitu penting dalam kehidupan? Apa sebenarnya biaya itu? Sekaligus apa pengertian biaya menurut para ahli? Pengertian biaya memang selalu dihubungkan dengan pengeluaran dan uang untuk memenuhi segala kebutuhan seseorang.

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), biaya diartikan sebagai sejumlah uang yang dikeluarkan untuk mengadakan, mendirikan, dan melakukan sesuatu, bisa juga disebut sebagai ongkos atau pengeluaran. Berkenaan dengan kehidupan dikenal pula istilah biaya hidup yang bisa dimaknai sebagai sejumlah uang yang dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Biaya inilah yang memang sering dikeluarkan oleh seseorang. Selain itu, ada beberapa pengertian biaya menurut para ahli yang cakupannya lebih luas. Definisi-definisi tersebut adalah sebagai berikut.

2

  • Menurut Mursyidi, biaya adalah pengorbana yang dapat mengurangi kas atau harta lainnya untuk mencapai suatu tujuan di masa kini dan di masa mendatang.
  • Menurut Supriyono, biaya adalah harga yang digunakan untuk mendapatkan penghasilan atau revenueyang akan digunakan sebagai pengurang penghasilan.
  • Menurut Mulyadi, biaya adalah pengorbanan sumber ekonomi sesorang  yang diukur dalam satuan uang dimana pengorbanan tersebut telah terjadi, sedang terjadi, atau akan terjadi untuk tujuan tertentu.
  • Menurut Armanto Witjaksono, biaya adalah pengorbanan sumber daya untuk mencapai tujuan tertentu. Selain itu, biaya bisa diartikan pula sebagai satuan moneter untuk pengorbanan barang dan jasa agar mendapatkan manfaat di masa kini dan masa mendatang.
  • Menurut Masiyah Kholmi, biaya adalah pengorbanan sumber daya atau nilai ekuivalen kas untuk memperoleh barang atau jasa yang diharapkan dapat memberi manfaat pada masa sekarang dan/atau di masa mendatang bagi perusahaan.
  • Menurut Henry Simamora, biaya adalah kas atau nilai setara kas yang dikorbankan untuk barang atau jasa yang diharapkan memberi manfaat untuk saat ini dan/atau di masa yang akan datang.

Dalam kehidupan ini banyak sekali jenis dari biaya, dan jenis-jenis biaya itu pun bisa dilihat dar macam-macam segi. Pengertian biaya menurut para ahli juga menyiratkan hal tersebut. Menurut Mulyadi, ada beberapa jenis biaya bila dilihat dari berbagai macam segi. Berdasarkan fungsi pokok dalam perusahaan, biaya dibagi menjadi biaya produksi, biaya pemasaran, dan biaya administrasi dan umum. Untuk biaya pemasaran sendiri masih isa dibagi lagi menjadi dua, yakni biaya untuk endapatkan pesanan dan biaya untuk memenuhi pesanan. Berdasarkan hubungannya dengan hal yang dibiayai, dibagi menjadi biaya langsung dan biaya tak langsung. Berdasarkan kaitannya dengan perubahan volume kegiatan, dapat dibagi menjadi biaya tetap, biaya variabel, biaya semi variabel, dan biaya semi fixed. Berdasarkan jangka waktu manfaatnya, dapat dibagi menjadi biaya pengeluaran modal, dan biaya pengeluaran pendapatan. Jenis-jenis biaya di atas bisa menjadi inspirasi bahwa kita memang harus membagi-bagi keuangan yang kita punya untuk berbagai macam jenis biaya.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian tabungan , pengertian bimbingan konseling , pengertian biaya , pengertian visi , pengertian sekolah , pengertian etika bisnis , pengertian efektif , pengertian stratifikasi sosial , pengertian pertumbuhan , pengertian likuiditas , pengertian syair

Related Posts