Pengertian Visi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Istilah visi selalu disandingkan dengan misi. Meski kedua istilah tersebut saling berkaitan, sebenarnya bisa diartikan secara terpisah dan memiliki makna yang berbeda. Apa sebenarnya pengertian dari visi? Dalam sebuah organisasi, komunitas, perusahaan, instansi, atau lembaga, istilah visi menjadi hal yang ditampilkan pertama kali. Bahkan di acara-acara tematik terdaoat pula visi yang dipaparkan dengan misi di bawahnya sebagai kelanjutan. Pengertian visi menurut para ahli akan membahas secara lengkap mengenai semua hal yang berhubungan dengan istilah visi.

Visi diperlukan dalam pembentukan suatu organisasi atau acara karena memiliki fungsi untuk menghubungkan antara orang-orang yang berkecimpung di dalam dengan seseorang atau kelompok orang yang ada di luar. Misalnya saja dalam pebentukan suatu acara atau kegiatan, kehadiran visi dan misi diperlukan untuk menjadi penghubung antara panitia dengan pihak sponsor atau subjek sasaran kegiatan. Selain itu, visi dan misi juga diperlukan untuk menjalankan atau mencapai tujuan tertentu. Pengertian visi menurut para ahli dimulai dari pengertiannya yang selama ini dipahami oleh banyak orang. Secara sederhana, visi bisa diartikan sebagai tujuan yang ingin dicapai dalam sebuah organisasi atau kegiatan, sedangkan misi adalah cara yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Itulah yang membuat visi dan misi saling berhubungan karena bisa disebut juga ilustrasinya visi adalah tempat yang ingin dicapai oleh seseorang dan misi adalah kendaraan yang dipakai untuk mencapai tempat tersebut.

3

Mengingat pentingnya keberadaan dan fungsi visi dalam kehidupan berorganisasi, bermasyarakat, dan berkegiatan, muncullah banyak pengertian visi menurut para ahli. Bukan hal yang aneh lagi bila hal yang menarik dan banyak digunakan menjadi bahan kajian para pakar di berbagai bidang. Berikut ini paparan pengertian-pengertian mengenai visi tersebut.

  • Menurut (KBBI) Kamus Besar Bahasa Indonesia, visi adalah perpaduan lukisan atau gambaran masa lalu, masa kini, dan masa depan yang dibuat pada saat ini.
  • Menurut Anthony D’Souza, visi adalah sesuatu yang pantas untuk diraih dan bisa dijadikan dokumen hidup yang selalu bisa dikembangkan.
  • Menurut Agus Suryo Sulaiman, visi adalah kekuatan pikiran yang memberikan gambar hidup secara lengkap dan menyeluruh.
  • Menurut Aries Heru Prasetyo, visi adalah sebuah impian atau mimpi yang dapat diraih, bukan sekadar impian bohong yang tak dapat dicapai.
  • Menurut Dewi Praptiwi & Irawan Senda, visi adalah gambaran peta besar tentang scenario atau rencana masa depan yang ingin diwujudkan oleh seseorang.
  • Menurut Ubaedy, visi adalah bayangan batin mengenai diri atau usaha yang belum konkret di alam nyata.
  • Menurut Jackie Ambadar, Miranty Abidin, dan Yanty Isa, visi adalah penentu faktor kualitas untuk menjalankan suatu kegiatan secara rutin dan menghilangkan kebosanan.
  • Menurut Heri Tjahjono, visi adalah gambaran masa depan yang mampu memberikan petunjuk arah ke temopat, tujuan, atau harapan yang akan dituju.
  • Menurut Jim Tehusijarana, visi adalah kunci dasar dalam menentukan langkah menuju ke arah impian kita atau tidak. Bisa diartikan juga bahwa visi adalah sebuah kompas perjalanan karier seseorang.
  • Menurut Kotler, visi adalah suatu pernyataan mengenai tujuan dari sebuah organisasi yang disampaikan atau diekspresikan melalui produk dan pelayanan yang ditawarkan, kebutuhan yang dapat ditanggulangi, kelompok masyarakat yang dilayani, nilai yang didapatkan juga aspirasi dan cita-cita di masa yang akan datang.

 Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian tabungan , pengertian bimbingan konseling , pengertian biaya , pengertian visi , pengertian sekolah , pengertian etika bisnis , pengertian efektif , pengertian stratifikasi sosial , pengertian pertumbuhan , pengertian likuiditas , pengertian syair

Related Posts