Pengertian Pembangunan Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Istilah pembangunan selalu identik dengan perubahan ke hal yang baru dan lebih baik dari sebelumnya. Hal ini berlaku bagi semua bidang, baik itu ekonomi, tata negara, maupun bidang-bidang yang lainnya. Sebelum membahas lebih lanjut, kita pahami terlebih dahulu pengertian pembangunan beserta pengertian pembangunan menurut para ahli. Tak ada orang yang bisa mengelak dari terjadinya pembangunan karena setiap hal selalu berubah dan bertransformasi menjadi lebih baik. Kita ambil contoh sederhana sebuah rumah, si pemilik rumah pasti menginginkan rumahnya tidak monoton. Oleh sebab itu, dia melakukan renovasi atau pembangunan untuk mengubah tampilan rumahnya agar lebih baik daripada sebelumnya.

7

                Beragam definisi pembangunan yang disampaikan oleh banyak pakar memang menimbulkan perbedaan pendapat. Namun tetap saja berbagai pendapat tersebut mengacu pada satu relevansi yang sama. Berikut ini adalah beberapa pengertian pembangunan menurut para ahli.

  • Menurut Mohammad Ali, pembangunan adalah segala upaya yang dilakukan secara terencana dalam melakukan perubahan dengan tujuan utama memperbaiki dan meningkatkan taraf hidup masyarakat, meningkatkan kesejahteraan, dan meningkatkan kualitas manusia.
  • Menurut Dissaynake, pembangunan sebagai proses perubahan sosial yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup dari seluruh atau mayoritas masyarakat tanpa merusak lingkungan alam dan cultural tempat mereka berada dan berusaha melibatkan sebanyak mungkin anggota masyarakat dalam usaha ini dan menjadikan mereka penentu dari tujuan mereka sendiri.
  • Menurut Seers, pembangunan sebagai suatu istilah teknis, yang berarti membangkitkan masyarakat di negara-negara berkembang dari kemiskinan, tingkat melek huruf (literacy rate) yang rendah, pengangguran, dan ketidakadilan sosial.
  • Menurut Inayatullah, pembangunan adalah perubahan menuju pola-pola masyarakat yang lebih baik dengan nilai-nilai kemanusiaan yang memungkinkan suatu masyarakat mempunyai kontrol yang lebih besar terhadap lingkungan dan tujuan politiknya, juga memungkinkan warganya memperoleh kontrol yang lebih terhadap diri mereka sendiri.
  • Menurut Rogers dan Shoemaker, pembangunan adalah suatu jenis perubahan sosial, dimana ide-ide baru diperkenalkan pada suatu sistem sosial untuk menghasilkan pendapatan per kapita dan tingkat kehidupan yang lebih tinggi melalui metode produksi yang lebih modern dan organisasi sosial yang lebih baik. Pembangunan adalah modernisasi pada tingkat sistem sosial.
  • Menurut Benny H. Hoed, pembangunan adalah upaya sistematis melepaskan diri dari keterbelakangan dan upaya untuk memperbaiki kesejahteraan masyarakat.
  • Menurut Drs. Joko Untoro, pembangunan adalah pertumbuhan ekonomi yang diikuti oleh perubahan dalam struktur ekonomi dan corak kegiatan ekonomi atau usaha meningkatkan pendapatan per kapita.
  • Menurut Johan Galtung, pembangunan merupakan upaya untuk memenuhan kebutuhan dasar manusia, baik secara individual maupun kelompok, dengan cara-cara yang tidak menimbulkan kerusakan, baik terhadap kehidupan sosial maupun lingkungan alam.
  • Menurut Siagian, pembangunan adalah suatu usaha atau rangkaian usaha pertumbuhan dan per­ubahan yang berencana dan dilakukan secara sadar oleh suatu bangsa, negara dan pemerintah, menuju modernitas dalam rangka pembinaan bangsa (nation building).
  • Menurut Jakob Oetama, pembangunan adalah usaha mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Dalam proses pembangunan terdapat unsur heroisme, unsur konflik, unsur frustasi, unsur romantik, dan unsur manusiawi yang mendalam.
  • Menurut A. Sonny Keraf, pembangunan adalah implementasi aspirasi dan kehendak masyarakat demi kepentingan masyarakat.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :  pengertian sistem pemerintahan , pengertian ilmu pengetahuan , pengertian bioteknologi , pengertian tari , pengertian polusi , pengertian keyboard , pengertian pembangunan , pengertian persepsi , pengertian pariwisata , pengertian reformasi

Related Posts