Pengertian Ilmu Pengetahuan Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Membicarakan ilmu pengetahuan tentu tak bisa lepas dari hal yang berhubungan dengan pendidikan. Di sekolah, kampus, dan instansi pendidikan lainnya, istilah ilmu pengetahuan bukanlah sesuatu yang tabu atau sulit untuk ditemui. Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi manusia, oleh sebab itu ilmu pengetahuan menjadi hal yang penting pula bagi kita. Demikian halnya dengan pengertian ilmu pengetahuan menurut para ahli, tak bisa kita singkirkan begitu saja dari daftar penjelasan kita kali ini. Sejauh ini ilmu bisa dikatakn sebagai penerang dunia dengan buku sebagai jendelanya. Oleh karena itu penting bagi kita untuk selalu mencari dan memperdalam ilmu supaya kita bisa mengikuti perkembangan jaman tanpa dihantui rasa ketakutan karena kedangkalan ilmu yang kita miliki.

1

                Berikut ini merupakan pengertian ilmu pengetahuan menurut para ahli. Paparan yang dikemukakan oleh beberapa pakar berikut bisa dijadikan tambahan pendalaman bagi kita.

  • Menurut NS. Asmadi, ilmu merupakan sekumpulan pengetahuan yang padat dan proses mengetahui melalui penyelidikan yang sistematis dan terkendali (metode ilmiah).
  • Menurut Poespoprodjo, ilmu adalah proses perbaikan diri secara bersinambungan yang meliputi perkembangan teori dan uji empiris.
  • Menurut Minto Rahayu, ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan adalah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji.
  • Menurut M. Izuddin Taufiq, ilmu adalah penelusuran data atau informasi melalui pengamatan, pengkajian dan eksperimen, dengan tujuan menetapkan hakikat, landasan dasar ataupun asal usulnya.
  • Menurut Thomas Kuhn, ilmu adalah himpunan aktivitas yang menghasilkan banyak penemuan, baik dalam bentuk penolakan maupun pengembangannya.
  • Menurut Dr. Maurice Bucaille, ilmu adalah kunci untuk mengungkapkan segala hal, baik dalam jangka waktu yang lama maupun sebentar.
  • Menurut Francis Bacon, ilmu adalah satu-satunya pengetahuan yang valid dan hanya fakta-fakta yang dapat menjadi objek pengetahuan.
  • Menurut Charles Singer, ilmu adalah suatu proses yang membuat pengetahuan (science is the process which makes knowledge).
  • Menurut Mohammad Hatta, ilmu adalah pengetahuan yang teratur tentang pekerjaan hukum kausal dalam suatu golongan masalah yang sama tabiatnya, maupun menurut kedudukannya tampak dari luar, maupun menurut hubungannya dari dalam.
  • Menurut J. Habarer, ilmu pengetahuan adalah suatu hasil aktivitas manusia yang merupakan kumpulan teori, metode dan praktek dan menjadi pranata dalam masyarakat.
  • Menurut Popper, ilmu adalah tetap dalam keseluruhan dan hanya mungkin direorganisasi.
  • Menurut DR. H. M. Gade, ilmu adalah falsafah. yaitu hasil pemikiran tentang batas-batas kemungkinan pengetahuan manusia.

                Dari beberapa pengertian ilmu pengetahuan menurut para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa ilmu pengetahuan diartikan sebagai suatu kerangka pengetahuan yang tersusun serta teruji kebenarannya, dan diperoleh melalui suatu penelitian ilmiah. Tak ada ilmu yang didapat dengan mudah, semuanya butuh proses dan kerja keras. Ilmu pengetahuan yang bisa kita dapatkan pun tak pernah terbatas, itu artinya kita harus terus dan terus belajar untuk bisa mendapatkan ilmu yang lebih banyak lagi. Mengapa? Karena ilmu pengetahuan berguna besar bagi kehidupan kita di masa mendatang.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :  pengertian sistem pemerintahan , pengertian ilmu pengetahuan , pengertian bioteknologi , pengertian tari , pengertian polusi , pengertian keyboard , pengertian pembangunan , pengertian persepsi , pengertian pariwisata , pengertian reformasi

Related Posts