Pengertian Polusi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Polusi menjadi momok buruk bagi lingkungan di bumi ini. Sebenarnya apa itu polusi? Bagaimana pengertian polusi menurut para ahli? Polusi atau biasa disebut juga dengan pencemaran udara atau pencemaran lingkungan. Permasalahan lingkungan hidup yang saat ini sedang terjadi di dunia, khususnya Indonesia, bukan lagi dianggap hal yang sepele. Lingkungan hidup dan sumber-sumber kehidupan Indonesia berada di ambang kehancuran akibat eksploitasi yang berlebihan selama kurun waktu lebih dari tiga dekade. Polusi yang membahayakan lingkungan hidup ini jelas sangat merugikan masyarakat, khususnya masyarakat yang tinggal di pinggiran kota. Mereka sangat rentan terkena dampak buruk polusi udara ini.

                Apa saja dampak yang ditimbulkan oleh polusi udara? Tentunya dampak yang terjadi tidak hanya memberikan efek jangka pendek, melainkan juga efek jangka panjang bagi kesehatan manusia. Berikut ini adalah beberapa dampak yang bisa menyerang kesehatan manusia diakibatkan oleh polusi udara.

5

  • Timbulnya reaksi radang atau inflamasi pada paru, misalnya akibat PM atau ozon.
  • Terbentuknya radikal bebas atau stres oksidatif, misalnya PAH (polyaromatic hydrocarbons).
  • Modifikasi ikatan kovalen terhadap protein penting intraselular seperti enzim-enzim yang bekerja dalam tubuh.
  • Komponen biologis yang menginduksi inflamasi atau peradangan dan gangguan sistem imunitas tubuh, misalnya golongan glukan dan endotoksin.
  • Stimulasi sistem saraf otonom dan nosio reseptor yang mengatur kerja jantung dan salurannapas.
  • Efek adjuvant (tidak secara langsung mengaktifkan sistem imun) terhadap sistem imunitas tubuh, misalnya logam golongan transisi dan DEP atau Diesel Exhaust Particulate.
  • Efek procoagulant yang dapat menggangu sirkulasi darah dan memudahkan penyebaran polutan ke seluruh tubuh, misalnya ultrafine PM.
  • Menurunkan sistem pertahanan tubuh normal, misal dengan menekan fungsi alveolar makrofag pada paru.

                Paparan di atas merupakan dampak dari polusi, tetapi kita masih belum mengetahui pengertian dari polusi itu sendiri. Terlebih lagi mengenai pengertian polusi menurut para ahli. Polusi adalah masuknya makhluk hidup, zat, energi, maupun materi ke dalam lingkungan sehingga menyebabkan lingkungan kurang atau tidak dapat berfungsi  sesuai dengan peruntukannya. Secara lengkap, polusi bisa dimaknai dengan perubahan yang kurang menguntungkan terhadap lingkungan yang disebabkan oleh hasil aktivitas manusia secara keseluruhan atau sebagian, melalui pengaruh langsung atau tidak langsung, dari perubahan dalam susunan kimia-fisikan, tingkat radiasi, pola energi, dan limbah dari organisme.

                Pencemaran udara yang dianggap sama dengan polusi memiliki makna kehadiran satu atau lebih substansi fisika, kimia, atau bilogi di atmosfir dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan makhluk hidup, mengganggu estetika dan kenyamanan, serta merusak properti.  Selain itu pencemaran udara juga didefinisikan dengan masuknya atau tercampurnya unsur-unsur berbahaya ke dalam atmosfir yang dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan lingkungan, gangguan kesehatan pada manusia secara umum, serta menurunkan kualitas lingkungan. Baik polusi maupun pencemaran udara sama-sama memberikan pengaruh dan dampak buruk bagi lingkungan dan kehidupan manusia. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk memahami apa itu polusi, pengertian polusi menurut para ahli, serta dampak yang bisa ditimbulkan oleh polusi dan pencemaran udara terhadap kesehatan tubuh kita.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :  pengertian sistem pemerintahan , pengertian ilmu pengetahuan , pengertian bioteknologi , pengertian tari , pengertian polusi , pengertian keyboard , pengertian pembangunan , pengertian persepsi , pengertian pariwisata , pengertian reformasi

Related Posts