Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Keberadaan ilmu ekonomi memang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut karena proses yang kita lakukan sehari-hari tak bisa lepas dari kegiatan ekonomi, seperti berbelanja, kredit, membayar listrik, membayar telepon, membeli pulsa, dan sebagainya. Berbagai kegiatan sehari-hari tersebut membuat kita diharapkan bisa memahami konsep ilmu ekonomi. Selain ilmu ekonomi secara luas dan umum, pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli juga penting untuk dipelajari. Mempelajari ilmu ekonomi akan membuat segala kegiatan ekonomi yang kita lakukan menjadi lebih tertata dan lebih baik. Bayangkan bila Anda melakukan transaksi di dalam sebuah mesin ATM dan tidak mengerti istila-istilah yang ada di programnya, tentunya Anda akan kesulitan dalam melakukan transaksi. Itu merupakan contoh kecil yang sering kita jumpai sehari-hari.

                Sebenarnya ilmu ekonomi memang bukanlah ilmu sederhana yang bisa dipelajari oleh kebanyakan orang. Namun, tidak ada salahnya bila kita juga mengikuti perkembangannya, paling tidak mengetahui pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli sudah cukup. Seperti diketahui bahwa manusia adalah makhluk ekonomi yang memiliki sifat tidak pernah merasa puas dengan apapun yang telah dimiliki dan diperolehnya. Dengan mempelajari ilmu ekonomi manusia bisa mempertimbangkan dan memperkirakan hal-hal yang perlu dan tidak perlu untuk dibeli. Ilmu ekonomi bisa mengajarkan kita akan pentingnya prioritas dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

1

                Berikut ini adalah beberapa pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli. Definisi-definisi yang dikemukakan oleh para pakar berikut ini semoga bisa menambah pengetahuan Anda mengenai ilmu ekonomi.

  • Menurut Prof. Paul Anthony Samuelson, ilmu ekonomi adalah studi tentang manusia dalam kegiatan hidup mereka sehari-hari untuk mendapat dan menikmati kehidupan.
  • Menurut Mel Vilye J. Ulmer, ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan mengenai kegiatan-kegiatan manusia yang berhubungan dengan proses produksi, distribusi, dan konsumsi.
  • Menurut Adam Smith, ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas guna mencapai tujuan tertentu.
  • Menurut Suherman Rosydi, iIlmu ekonomi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berdaya upaya untuk memberikan pengetahuan dan pengertian tentang gejala-gejala masyarakat yang timbul karena perbuatan manusia dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhan atau untuk mencapai kemakmuran.
  • Menurut M. Manulang, ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari masyarakat dalam usahanya untuk mencapai kemakmuran.
  • Menurut Jack Hirshleifer, ilmu ekonomi merupakan studi tentang keputusan dalam memilih di antara berbagai tindakan yang mungkin di ambil, atau ilmu ekonomi juga mempelajari apa yang terjadi bila keputusan bermacam-macam orang saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya.
  • Menurut Samuekon, ilmu ekonomi adalah sebuah studi yang menganalisis kerugian dan keuntungan meningkatkan pola-pola tertentu dalam pemakaian sumber daya.
  • Menurut Case and Fair, ilmu ekonomi adalah studi tentang bagaimana individu dan masyarakat mengambil pilihan untuk menggunakan sumber daya yang langka yang telah disediakan oleh alam dengan generasi sebelumnya.
  • Menurut Lionil Robbins, ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan pemenuhan kebutuhan yang langka.

 Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian sepak bola , pengertian ilmu ekonomi , pengertian ilmu , pengertian populasi , pengertian akhlak , pengertian sel , pengertian analisis , pengertian bangsa , pengertian produksi , pengertian intranet , pengertian moral

Related Posts