Pengertian Bahasa Indonesia Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Bahasa merupakan alat komunikasi yang digunakan dalam bersosialisasi dengan orang lain. Di setiap negara bahasa yang digunakan berbeda-beda sesuai dengan kebudayaan atau nama negara tersebut. Bukan tidak mungkin beberapa negara memiliki bahasa atau rumpun bahasa yang sama dalam berkomunikasi, misalnya saja Indonesia dan Malaysia. Indonesia memakai bahasa Indonesia, sedangkan Malaysia memakai bahasa Melayu, tetapi sebenarnya bahasa Indonesia juga dibentuk dari bahasa Melayu sehingga pemakaian bahasa di Indonesia dan Malaysia tidak begitu jauh berbeda. Pengertian bahasa Indonesia menurut para ahli pun juga dibentuk dengan akar bahasa Melayu yang menjadi nenek moyangnya. Contoh lainnya adalah bahasa Inggris, selain sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris dipakai di banyak negara sebagai bahasa nasional.

                Memaknai sebuah bahasa memang tidaklah mudah, bahkan pengertian bahasa Indonesia menurut para ahli. Bahasa memiliki cakupan definisi yang sangat luas. Secara sederhana bahasa memang bisa diartikan sebagai alat komunikasi saja, tetapi dalam kaitannya dengan nasionalisme, bahasa bisa bermakna lebih luas dan dalam bila dibandingkan sebagai alat komunikasi. Bahasa bisa mempersatukan perbedaan yang terjadi di antara manusia. Contoh sederhana adalah bahasa Indonesia yang dipakai sebagai bahasa nasional di Indonesia. Sudah bukan rahasia lagi bahwa Indonesia merupakan negara dengan ratusan suku bangsa. Dari ratusan suku tersebut terbentuk pula banyak bahasa daerah. Untuk mempersatukan antarsuku itulah peran bahasa Indonesia sangat terlihat. Bila suku Jawa bertemu dengan suku Batak akan sangat sulit dalam berkomunikasi bila mereka menggunakan bahasa suku mereka masing-masing. Di sinilah peran bahasa Indonesia sangat terlihat, agar keduanya bisa memahami komunikasi yang terjadi digunakanlah bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu.

4

                Pengertian bahasa Indonesia menurut para ahli memang tidak banyak dibicarakan. Para pakar lebih cenderung mendefinisikan bahasa secara umum. Berikut ini adalah beberapa pengertian bahasa menurut para pakar.

  • Menurut Keraf, bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Bahasa adalah sistem komunikasi yang menggunakan simbol-simbol vocal yang bersifat arbitrer.
  • Menurut Mackey, bahasa adalah suatu bentuk dan bukan suatu keadaan atau sesuatu sistem lambang bunyi yang arbitrer, atau juga suatu sistem dari sekian banyak sistem-sistem, suatu sistem dari suatu tatanan atau suatu tatanan dalam sistem-sistem.
  • Menurut Wibowo, bahasa adalah sistem simbol bunyi yang bermakna dan berartikulasi yang bersifat arbitrer dan konvensional, yang dipakai sebagai alat berkomunikasi oleh sekelompok manusia untuk melahirkan perasaan dan pikiran.
  • Menurut Walija, bahasa adalah komunikasi yang paling lengkap dan efektif untuk menyampaikan ide, pesan, maksud, perasaan dan pendapat kepada orang lain.
  • Menurut Syamsuddin, bahasa adalah alat yang dipakai untuk membentuk pikiran dan perasaan, keinginan dan perbuatan, alat yang dipakai untuk memengaruhi dan dipengaruhi. Bahasa adalah tanda yang jelas dari kepribadian yang baik maupun yang buruk, tanda yang jelas dari keluarga dan bangsa, tanda yang jelas dari budi kemanusiaan.
  • Menurut Pengabean, bahasa adalah suatu sistem yang mengutarakan dan melaporkan apa yang terjadi pada sistem saraf.
  • Menurut Santoso, bahasa adalah rangkaian bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia secara sadar.
  • Menurut Tarigan, bahasa adalah suatu sistem yang sistematis untuk sistem generatif. Bahasa adalah seperangkat lambang-lambang atau simbol-simbol orbiter.

 Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian kebutuhan , pengertian cpu , pengertian akomodasi , pengertian neraca , pengertian bahasa indonesia , pengertian atmosfer , pengertian resistor , pengertian prosedur , pengertian listrik , pengertian hutan , pengertian motivasi belajar

Related Posts