Pengertian Akomodasi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Istilah akomodasi biasa didengar saat membicarakan mengenai sebuah perjalanan, entah berupa perjalanan wisata maupun pekerjaan. Seseorang pasti bertanya, bagaimana dengan akomodasinya? Berapa biaya yan disiapkan untuk akomodasinya? Dan pertanyaan-pertanyaan serupa yang masih banyak lagi. Sebenarnya apa itu akomodasi? Mengapa hal tersebut yang selalu ditanyakan oleh orang yang akan bepergian? Berbagai penjelasan mengenai akomodasi akan dibahas dalam ulasan kita kali ini, termasuk dengan pengertian akomodasi menurut para ahli yang diharapkan bisa membuat Anda bisa memahami mengenai akomodasi. Satu hal penting yang juga perlu untuk dipahami adalah istilah akomodasi tidak selalu berhubungan dengan perjalanan atau bepergian. Ada juga makna lain dari akomodasi yang menarik dan perlu untuk dipelajari.

                Akomodasi memiliki cakupan bidang yang sangat luas, mulai dari bidang sosial, biologi, fisika, dan yang paling umum bidang pariwisata. Secara umum, menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), akomodasi bisa diartikan sebagai (1) sesuatu yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan, (2) penyesuaian mata untuk menerima bayangan yang jelas dari objek yang berbeda, (3) penyesuaian manusia di kesatuan sosial untuk menghindar dan meredakan interaksi ketegangan dan konflik, (4) penyesuaian dalam interaksi antara pribadi dan kelompok manusia untuk meredakan pertentangan, dan (5) kamar atau ruang tempat tinggal awak kapal atau penumpang kapal.

2

Sebelum menuju ke pengertian akomodasi menurut para ahli, diawali terlebih dahulu dengan pengertian dari beberapa segi. Dalam ilmu sosial, akomodasi diartikan sebagai suatu cara manusia untuk menyelesaikan permasalahan atau sengketa antara pihak-pihak terkait tanpa menghancurkan salah satu pihak dan menjaga kepribadian masing-masing tetap pada prinsipnya. Berkenaan dengan interaksi dengan orang lain, akomodasi memiliki berbagai macam bentuk, yakni coercion, konsiliasi, ajudikasi, kompromi, stalemate, arbitrasi, toleransi, dan mediasi. Coercion, bentuk akomodasi dimana salah satu pihak memaksakan kehendak kepada pihak yang lebih lemah. Konsiliasi, bentuk akomodasi dengan mempertemukan keinginan dari pihak yang berselisih agar tercapai kesepakatan. Ajudikasi, bentuk akomodasi yang menyelesaikan sengketa di pengadilan. Kompromi, bentuk akomodasi dimana sengketa bisa direduksi dengan mengurangi tuntutan dan mencari titik temu. Stalemate, bentuk akomodasi dimana semua pihak memiliki kekuatan yang seimbang. Arbitrasi, bentuk akomodasi yang memerlukan pihak ketiga karena kedua pihak tidak bisa menyelesaikan sengketa. Toleransi, bentuk akomodasi untuk menghindarkan kedua pihak dari konflik. Mediasi, bentuk akomodasi dengan adanya pihak ketiga tetapi tidak punya wewenang untuk mengambil keputusan.

Bila dihubungkan dengan dunia jalan-jalan atau wisata, akomodasi dalam bidang ini biasanya disebut dengan akomodasi perhotelan bisa diartikan sebagai sarana untuk menyediakan pelayanan  berupa penginapan yang biasanya dilengkapi dengan pelayanan makan, minum, dan jasa-jasa lainnya. Selama ini akomodasi perhotelan yang biasa digunakan oleh banyak wisatawan  meliputi hotel, penginapan, motel, losmen, guest house, dan home stay. Namun, kenyataannya dunia perhotelan memiliki banyak sekali jenis akomodasi, seperti ryokan, mess, pension, apartemen, youth house, foresteire, minshuku, rooming house, dan masih banyak lagi jenis akomodasi perhotelan lainnya. Demikian ulasan mengenai pengertian akomodasi menurut para ahli, semoga bermanfaat dan bisa memberikan wawasan baru.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian kebutuhan , pengertian cpu , pengertian akomodasi , pengertian neraca , pengertian bahasa indonesia , pengertian atmosfer , pengertian resistor , pengertian prosedur , pengertian listrik , pengertian hutan , pengertian motivasi belajar

Related Posts