Pengertian Listrik Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Listrik adalah hal yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan yang serba modern ini. Program pemerintah untuk menggalakkan listrik masuk desa dan pedalaman sudah digalakkan mulai dari puluhan tahun lalu. Hal tersebut dilakukan karena pemerintah sadar bahwa zaman yang semakin maju menuntut manusia membutuhkan listrik untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya. Manfaat listrik memang tidak bisa diragukan lagi. Untuk alasan itu pula berbagai hal mengenai listrik dipelajari termasuk pengertian listrik menurut para ahli. Bahkan, di beberapa sekolah menengah atas dan perguruan tinggi terdapat jurusan yang secara khusus mempelajari mengenai listrik.

                Listrik berasal dari bahasa Inggris electricity atau electric atau electrical. Listrik adalah sesuatu yang memiliki muatan positif (proton) dan muatan negatif (elektron) yang mengalir melalui penghantar (inductor) dalam sebuah rangkaian. Pengertian listrik lainnya dikemukakan oleh beberapa pakar. Berikut ini adalah pengertian listrik menurut para ahli.

8

  • Menurut Gatut Susanta dan Sasi Agustoni, listrik adalah sumber energi yang disalurkan melalui kabel atau penghantar lainnya.
  • Menurut Hasan Amrin, listrik adalah suatu bentuk energi dan listrik hanya salah satu dari banyak bentuk energi.
  • Menurut Aip Saripudin, listrik adalah energi yang paling banyak dimanfaatkan manusia.
  • Menurut Joyce James, Colin Baker, dan Helen Swain, listrik adalah aliran atau pergerakan elektron-elektron adalah partikel bermuatan negatif yang ditemukan pada semua atom.
  • Menurut Mikrajuddin, listrik adalah salah satu bentuk energi. Selain BBM, listrik telah menjadi bentuk energi terpenting bagi kehidupan kita.
  • Menurut Agung Wijaya, listrik adalah kebutuhan primer manusia.
  • Menurut Neti Lim, Linda, Yulinda, Fransiska, dan Susilawati, listrik adalah sumber energi yang sangat penting bagi manusia.
  • Menurut Heinz Frick dan Pujo L. Setiawan, listrik merupakan energi yang dapat diubah menjadi energi lain, menghasilkan panas, cahaya, kimia, atau gerak (mekanik).

                Selama ini yang sering dibicarakan adalah dua jenis listrik, yakni listrik statis dan listrik dinamis. Listrik statis adalah sebuah fenomena yang membuat benda-benda mempunyai aliran listrik akan saling berpautan tanpa sumber daya listrik. Benda yang dapat mengalirkan elektron dan proton tanpa adanya elemen pembangkit listrik. Bentuk lsitrik statis dapat diciptakan dengan reaksi yang ditimbulkan dari dua benda yang mempunyai muatan listrik berbeda. Sedangkan listrik dinamis adalah listrik yang dapat bergerak, dalam artian bisa berpindah.

                Pengertian listrik menurut para ahli tak bisa lepas dari kehadiran PLN. PLN atau Perusahaan Listrik Negara sebagai penyuplai listrik di seluruh Indonesia memiliki motto “Listrik untuk Hidup yang Lebih Baik”. Tentunya motto tersebut sangatlah tepat mengingat listrik memang telah mengubah sejarah kehidupan manusia. Bayangkan saja bila sampai saat ini belum ada listrik, semua benda-benda teknologi mutakhir tak akan bisa digunakan, atau bahkan mungkin tidak akan pernah ditemukan. Meski begitu listrik tak selalu memberikan dampak positif. Listrik juga bisa memberikan dampak negatif bila tidak hati-hati dalam memakainya. Tidak jarang bencana kebakaran yang terjadi akibat konsleting listrik. Hal itu disebabkan kelalaian manusia dalam memanfaatkan energi listrik. Dengan kemajuan yang telah disediakan, sudah semestinya kita menjaganya dengan memanfaatkannya sebaik mungkin.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian kebutuhan , pengertian cpu , pengertian akomodasi , pengertian neraca , pengertian bahasa indonesia , pengertian atmosfer , pengertian resistor , pengertian prosedur , pengertian listrik , pengertian hutan , pengertian motivasi belajar

Related Posts