Pengertian CPU Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Bisa mengoperasikan komputer saja tentunya tidak akan lengkap bila tidak mengetahui komponen yang membuatnya bisa beroperasi seperti yang kita inginkan. Salah satu komponen dari komputer itu adalah CPU. CPU merupakan kependekan dari Central Processing Unit. Komponen yang biasa disebut sebagai otak komputer ini selalu menarik untuk dibahas, termasuk pengertian CPU menurut para ahli. CPU termasuk dalam hardware komputer atau perangkat keras. Secara umum, CPU diartikan sebagai salah satu perangkat keras yang berfungsi untuk mengatur jalannya program komputer atau proses yang sedang dijalankan oleh komputer. Semua proses yang terjadi dalam komputer, mulai dari menghitung, mengolah data atau gambar, dan mengolah suara, dikerjakan oleh perangkat keras ini.

                Perintah yang dijalankan oleh CPU didapatnya dari alat input seperti keyboard, mouse, printer, speaker, dan lain-lain. Selama ini CPU biasa dikenal dengan istilah processor. Keberadaan CPU yang sangat penting membuat banyak pakar teknologi mencoba untuk mendefinisikannya sesuai dengan pengetahuan mereka. Beberapa pengertian CPU menurut para ahli tersebut adalah sebagai berikut.

1

  • Menurut Suyanto, CPU adalah jantung komputer karena CPU berfungsi sebagai pusat kendali dari sistem komputer.
  • Menurut Ajen Dianawati, CPU adalah unit pengolah pusat atau “otak” komputer yang berfungsi sebagai pemikir dan pemproses data.
  • Menurut Rahmat Rafiudin, CPU adalah bagian yang melakukan pengolahan aktual atas segala informasi pada server.
  • Menurut McLeod, CPU adalah tempat pemprosesan data dilakukan.
  • Menurut Ibnu Malik Anis Tardi, CPU adalah pengontrol utama pada mikrokontroler sehingga dapat dikatakan sebagai “otak” mikrokontoler.

                Sebagai “otak” dari sebuah perangkat canggih seperti komputer, tentunya CPU terbentuk dari komponen-komponen yang tidak sederhana. Berbagai komponen yang ada di dalam CPU memiliki fungsi sebagai alat proses. Komponen-komponen tersebut adalah memory, VGA, motherboard, processor, dan sound card. Memory adalah komponen yang berfungsi menyimpan data-data yang diperlukan untuk menjalankan operasi. Di dalam memory kita juga bisa menyimpan data yang sudah kita olah. VGA adalah  kependekan dari Video Graphics Adapter, berfungsi untuk enerjemahkan keluaran komputer ke monitor. VGA ada dua macam, yakni berada di dalam motherboard atau terpisah berupa kartu VGA. Motherboard adalah komponen yang berbentuk seperti papan sirkuit yang saling terhubung. Dalam motherboard terdapat slot untuk meletakkan perangkat lainnya. Processor adalah bagian terpenting dari CPU yang berfungsi untuk mengendalikan semua kerja di dalam CPU. Sound card adalah komponen yang berfungsi untuk mengolah data berbentuk suara.

                Dari semua pembahasan di atas, mulai dari pengertian CPU menurut para ahli hingga kompnen-komponen yang terdapat di dalam CPU, sudah jelas bahwa CPU merupakan perangkat keras yang tidak bisa dipisahkan dari perangkat komputer. Mengapa hal itu bisa demikian? Karena di dalam CPu terdapat processor yang berfungsi sebagai “otak” dari komputer. Processor adalah kepingan kecil yang ukurannya tak lebih besar dari kotak korek api, tetapi memiliki fungsi sangat penting. Bila bagian ini rusak, komputer tidak bisa memproses apapun yang diperintahkan, baik dari keyboard, mouse, printer, atau perangkat input lainnya.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian kebutuhan , pengertian cpu , pengertian akomodasi , pengertian neraca , pengertian bahasa indonesia , pengertian atmosfer , pengertian resistor , pengertian prosedur , pengertian listrik , pengertian hutan , pengertian motivasi belajar

Related Posts