Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

       Ketika kita duduk dibangku Sekolah Menengah Pertama kita sudah dikenalkan dengan matapelajaran bidang studi ekonomi. Kita akan diajari bagaimana menghitung pertumbuhan penduduk atau lain sebaginya, kita juga diajarkan tenttang banyak pengetahuan tentang ekonomi ini. Ketika sudah menginjak Sekolah Menengah Atas, tentunya pelajaran ini akan berdiri sendiri ketika sudah dalam kelas penjurusan yaitu kelas XI, kita akan belajar betul matapelajaran bidang studi ekonomi ini dengan tinci juga detail karena pelajaran tersebut sudah berdiri sendiri. Hal tersebut adalah gambaran ringkas tentang ekonomi jika disangkut pautkan dengan dunia pendidikan.Tahukah kalian tentang pengertian atau definisi ekonomi yang sebenarnya. Kita akan mengetahuinya tentang pengertian ekonomi menurut para ahli dan juga pengertiannya secara umum. Agar kita tak salah mengartikan tentang defnisi dari ekonomi.

2

Secara global, dapat dikatakan bahwa ekonomi adalah sebuah bidang kajian tentang pengurusan sumber daya maretial individu, masyarakat juga negara yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia atau masyarakat. Atau ekonomi dapat diartikan adalah sebuah ilmu pengetahuan dan penelitian mengenai asas-asas penghasilan, produksi, distribusi juga pemasukan dan pemakaian barang serta kekayaan. Kesimpulannya ialah ekonomi adalah sebuah pengetahuan tentang sumber daya yang dikelola sedemikian rupa yang memiliki tujuan berupa untuk menambah kesejahteraan kehidupan masyarakat. Maka untuk kita bisa merubah keadaan berkehidupan kita agar menjadi lebih baik lagi, perlu dilakukannya kegiatan dari penerapan ilmu ekonomi ini. Pengertian ekonomi dari para ahli adalah sebagai berikut, Abraham Maslow berpendapat bahwa ekonomi merupakan salah satu bidang pengkajian yang mensoba untuk menyelesaikan masalah-masalah keperluan asas berkehidupan manusia melalui penggemblengan segala sumber ekono yang ada dengan berdasarkan prinsip serta teori tertentu yang dianggap efektif dan efisien. Paul A. Samuelson mengemukakan pemikirannya terhadap definisi ekono, ialah cara-cara yang dolakukan oleh manusia dan kelompoknya untuk bisa memanfaatkan seumber-sumber daya yang kini kian terbatas untuk memperoleh berbagai komodidti dan dapat mendistributorkannta untuk dikonsumsi oleh banyak masyarakat. Berbagai pendapat apapun yang dikemukakan oleh beberapa ahli adalah tidak sama, karena mereka memiliki inti yang sama yaitu bertujuan untuk mensejahterakan kehidupan masyarakat.

Penjababaran tentang pengertian ekonomi menurut para ahli tersebut merupakan tentang definisi ekonomi dari berbagai pandangan, secara otomatis kita juga akan membicarakan tentang ilmu ekonomi secara singkat. Bagi yang semasa duduk di bangku SMA berada di jurusan IPS hingga meneruskan jenjang pendidikannya di perguruan tinggi dan kemudian masuk di fakultas ekonomi dijurusan tertentu pasti sudah paham benar tentang ilmu ekonomi. Ilmu ekonomi adalah ilmu kajian yang membahas dan mempelajari tentang ekonomi itu sendiri . Ilmu tersebut dibagi menjadi dua, ilmu ekonomi makro dan ilmu ekonomi mikro. Ilmu ekonomi makro memperlajari tentang perilaku ekonomu sebagai keseluruhan tentang kehidupan ekonomi itu sedangkan ilmu ekonomi mikro lebih memfokuskan pada keputusan-keputusan yang diambil individu-individu baik yang masih berupa sektor rumah tangga maupun perusahaan yang sudah dalam mengalokasikan sumber dayanya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya atau masyarakat banyak.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :   pengertian pancasila , pengertian ekonomi , pengertian filsafat , pengertian politik , pengertian korupsi , pengertian belajar

 

Related Posts