PENGERTIAN PANCASILA MENURUT PARA AHLI

 Pengetahuan

     Jika kita merupakan warga negara Indonesia yang baik, tentu sudah tak asing lagi dengan yang namanya Pancasila. Tetapi walau kita mengaku sebagai warga negara Indonesia yang baik, namun sering kali kita tidak mengerti apa itu Pancasila. Beberapa survey telah membuktikan bahwa masih banyak orang-orang yang mulai melupakan arti Pancasila. Jika kita pernah membaca pembukaan pada Undang-Undang Dasar (UUD) tahun 1945, Pancasila merupakan dasar negara yang dimana akan digunakan  untuk penyelengaraan bernegara. Sehingga seluruh aspek kehidupan bernegara dan bermasyarakat harus dilandasi dengan Pancasila karena kedudukannya sebagai dasar negara. Sebelum Pancasila ditetapkan sebagai dasar negara, penetapan dan pencarian dasar negara ini melewati proses yang cukup rumit juga cukup panjang. Kita akan mengetahui siapa-siapa saja yang menyumbangkan hasil gagasannya untuk membuat dan menetapkan dasar negara dan pengertian Pancasila menurut para ahli serta secara umum.

c

Beberapa tokoh yang menyumbangkan pemikirannya untuk merumuskan dasar negara tersebut, diantaranya Dr. Muhammad Yamin, Soepomo, kemudian Ir. Soekarno. Sejarahnya, Dr. Muhammad Yamin mengemukakan pendapatnya pada sidang tanggal 29 Mei 1945 diantaranya, peri kebangsaan, peri kemanusiaan, peri ketuhanan, peri kerakyatan, dan kesejahteraan rakyat. Lalu, pada sidang yang dilaksanakan pada tanggal 31 Mei 1945 Prof. Dr. Soepomo menyampaikan rancangan dasar negara Indonesia yang disampaikan sebagai berikut, persatuan, kekeluargaan, keseimbangan lahir dan batin, musyawarah, dan keadilan sosial. Dan pada sidang terakhir tanggal 1 Juni 1945 Ir. Soekarno melakukan pidato yang berisi mengenai dasar filsafat Indonesia. Pidato ini dinamakan Pancasila karena terdiri dari lima pokok pikiran karena arti dari Panca sendiri adalah lima. Rumusannya adalah sebagai berikut, Kebangsaan Indonesia, Internasionalisme atau perikemanusiaan, mufakat atau demokrasi, kesejahteraan sosial, dan Ketuhanan Yang Maha Esa. Sehingga setiap tanggal 1 Juni setiap tahunnya lebih dikenal sebagai hari lahirnya Pancasila. Pengertian Pancasila menurut para ahli dari dalam negri adalah sebagai berikut, Menurut Dr. Muh. Yamin Pancasila merupakan lima dasar yang berisi pedoman atau aturan tentang tingkah laku yang penting dan yang baik. Menurut Ir. Soekarno isi dari jiwa bangsa Indonesia yang turun-temurun sekian abad lamanya terpendam bisu oleh budaya barat. Jadi, pada hakikatnya Pancasila adalah ideologi negara dan filsafah yang diharapkan bisa menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia sebagai dasar pemersatu, sebagai lambang persatuan bangsa dan kesatuan serta sebagai pertahanan bangsa dan negara Indonesia.

Telah dijelaskan sejarah bagaimana terbentuknya Pancasila ini, siapa saja pemekukanya hingga penjelasan mengenai pengertian Pancasila menurut para ahli. Pancasila sendiri dikatakan sebagai bahasa pemersatu bangsa karena dibawah sila-sila Pancasila di dada burung garuda terdapat tulisan ”Bhineka Tunggal Ika” yang memiliki arti walaupun berbeda-beda namun kita tetap satu adanya. Pancasila memiliki lima lambang yang menggambarkan kelima pokok pikiran tersebut. Yang pertama ialah lambang sebuah bintang yang mengartikan Ketuhanan Yang Maha Esa, karena Tuhanlah yang menciptakan alam ini. kedua adalah gambar rantai yang artinya kemanusiaan yang adi dan beradab. Yang ketiga adalah pohon beringin yang berarti persatuan Indonesia, yang keempat adalah kepala banteng yang melambangkan musyawarah untuk mufakat, dan yang terakhir adalah padi dan kapas yang melambangkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :   pengertian pancasila , pengertian ekonomi , pengertian filsafat , pengertian politik , pengertian korupsi , pengertian belajar

 

Related Posts