Pengertian Telnet Menurut Para Ahli Adalah

 Pengetahuan

Pengertian Telnet Menurut Para Ahli Adalah – Tahukah anda apa itu telnet? dalam dunia IT dikenal istilah telnet yang merupakan singkatan dari telecommunication network. Telnet adalah sebuah jaringan protokol yang dipakai untuk koneksi internet atau LAN (Local Area Network). Fungsi telnet adalah untuk melakukan koneksi pada server atau port tertentu. Jadi, telnet ini berguna untuk melakukan komunikasi dengan server. Ketika kita mengetikkan sebuah perintah yang ditujukan pada server, maka server pun akan merespon ke komputer kita. Jika anda masih kurang mengerti tentang telnet, sebaiknya simak lebih jauh Pengertian Telnet Menurut Para Ahli ini.

Pengertian Telnet Menurut Para Ahli. Menurut Wikipedia telnet atau telecommunication network adalah sebuah protokol jaringan yang dipakai pada internet menggunakan jaringan LAN (Local Area Network) untuk dapat memberikan fasilitas dua arah yaitu antara server dengan pengguna komputer dengan menggunakan koneksi virtual terminal. Telnet ini memungkinkan untuk membuat perintah, mengikuti perintah, mengendalikan dan mengontrol komputer lain meskipun degan menggunakan komputer yang kita miliki.

4

Pengertian Telnet Menurut Para Ahli. Telnet adalah sebuah aplikasi internet yang memungkinkan bagi kita untuk berhubungan dengan komputer lain dan mengambil informasi dari komputer tersebut. Namun, kita harus memiliki Ip adrees atau alamat IP dan password dari komputer itu. Pada 1969 telnet berhasil dikembangkan dan distandarisasi sebagai IETF 8, merupakan salah satu dari standar pertama internet. Telnet ini menyediakan akses untuk dapat menuju ke berbagai layanan di internet. Intinya adalah telnet digunakan untuk login dari komputer kita ke komputer lain. Telnet ini biasanya dipakai pada sebuah lembaga dengan beberapa komputer dalam sebuah ruangan. Dengan menggunakan telnet, maka akan mudah bertukar informasi.

Nah, setelah mengtahui Pengertian Telnet Menurut Para Ahli. Kita pun perlu tahu telnet memiliki dua program yang meliputi client dan server. Adapun tugas-tugasnya adalah :

  1. Tugas client
  • Membuat koneksi Transfer Control Protocol dengan server
  • Menerima input dari pengguna atau user
  • Mengformat ulang input yang diberikan user dan mengubah dalam bentuk format standar untuk dikirim ke server
  • Menerima output dari server yang menggunakan format standar
  • Mengubah format output yang akan ditampilkan pada layar.
  1. Tugas server
  • Memberi informasi pada software jaringan bahwa komputer siap terkoneksi
  • Menunggu permintaan dalam format standar
  • Melaksanakan permintaan
  • Mengirim ulang hasil client dengan format standar
  • Menunggu permintaan client selanjutnya.

Meski telnet memiliki banyak kegunaan, diantaranya yang terpenting adalah membantu kita untuk berbagi dan memperoleh informasi dari komputer lainnya asalkan tersambung dengan jaringan internet dan memiliki izin masuk untuk mengakses data pada komputer lain. Namun, telnet juga memiliki kekurangan. Nah, inilah kekurangan dan kelebihan dari telnet :

  1. Kekurangan

Telnet ini menyebabkan password komputer anda mudah bocor atau dicuri orang lain jika menggunakan NTLM authentication. Jika ingin lebih aman, sebaiknya gunakan SSH pada linux.

  1. Kelebihan

Dengan menggunakan telnet maka anda dapat memberikan perintah jarak jauh dengan mudah seolah anda sedang memakai komputer anda sendiri.

Related Posts