Pengertian dan Fungsi Produksi

 Pengetahuan

Apakah anda berprofesi sebagai seorang pengusaha? Yang mengelola barang mentah menjadi barang jadi? Atau anda seseorang yang memahami ilmu ekonomi? Jika ya, pasti anda tidak sulit menjelaskan tentang pengertian dan fungsi produksi secara rinci dan teoritis. Untuk membahas pengertian dan fungsi produksi memang tidak dibutuhkan ilmu khusus, karena kata produksi tidak menjadi kata yang asing di telinga masyarakat. Tetapi, simaklah pembahasan kali ini, mungkin saja menambah ilmu, khususnya ilmu produksi yang sudah anda kuasai. Dan bagi anda yang tidak dapat menjelaskan secara rinci tentang pengertian dan fungsi produksi, semoga pembahasan kali ini dapat dijadikan refrensi jika anda membutuhkan ilmu yang berkaitan dengan produksi.

Dalam kamus lengkap bahasa Indonesia, produksi adalah barang yang dibuat. Sedangkan dalam ilmu ekonomi, produksi adalah kegiatan atau usaha manusia untuk menciptkan atau menambah guna suatu barang / benda yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Produksi bertujuan dalam pemenuhan kebutuhan hidup manusia, maksudnya adalah, jika barang dan jasa yang diproduksi sesuai dengan target pemenuhan kebutuhan manusia, maka tujuan produksi tersebut tercapai dan dikatakan berhasil. Produksi dipengaruhi oleh alam dan tenaga kerja (disebut factor produksi asli), juga modal dan pengussaha (factor produksi turunan). Untuk mengetahui fungsi produksi, ikutilah terus pembahasan pengertian dan fungsi produksi! Sebelum membahas fungsi produksi, kita ketahui dulu tahapan-tahapan dalam sebuah produksi. Untuk mencapai target produksi, yang salah satunya adalah memperoleh keuntungan,  produksi digolongkan menjadi tiga tahapan, yaitu :

7

  1. Sektor produksi primer, meliputi bidang ekstraktif dan bidang agraris
  2. Sektor produksi sekunder meliputi bidang industry dan perdagangan
  3. Sektor produksi tersier meliputi bidang jasa / pelayanan

Setelah membahas pengertian, tujuan, dan tahapan dari produksi, sekarang, kita akan membahas tentang fungsi produksi agar pembahasan pengertian dan fungsi produksi kali ini dapat dibilang sempurna. Fungsi produksi penulis ringkas dalam penjabaran sebagai berikut :

  1. Dalam kehidupan sehari – hari, produksi berfungsi sebagai pemenuh kebutuhan hidup manusia sehari – hari, baik kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. Melalui produksi seseorang mengelola dengan menghasilkan suatu hasil (biasanya berupa barang). Hasil ini digunakan dalam kebutuhan hidup manusia
  2. Dalam kehidupan sehari – hari, produksi berfungsi sebagai salah satu sumber keuangan. Maksudnya adalah dengan memproduksi suatu barang dan jasa, jelas diperoleh keuntungan, karena tujuan utama produksi adalah untuk mendapatkan keuntungan. Keuntungan tersebut dikatakan sebagai sumber keuangan.
  3. Dalam suatu proses, produksi dijadikan acuan dalam penentuan suatu input, dan bagaimana proses yang harus digunakan agar hasil produksi sesuai dengan yang diharapkan.
  4. Produksi berkaitan dengan suatu proses. Dimana, dalam proses tersebut dilakukan untuk menambah nilai jual dan fungsi suatu barang.
  5. Produksi suatu proses juga berkaitan dengan proses lain yang mungkin membutuhkan produk tersebut, dalam hal ini, produksi berfungsi sebagai salah satu input untuk proses lanjutan. Ilustrasinya adalah, produksi tepung dibutuhkan untuk membuat bakwan goring. Produksi tepung dijakan input untuk proses lanjutan, yaitu pembuatan bakwan goreng.

Sudah pahamkah anda mengenai pengertian dan fungsi produksi? Semoga artikel kali ini menambah wawasan dan ilmu pengetahuan untuk anda yang membacanya. Taklukanlah dunia dengan terus membaca!

Related Posts