Manfaat Buah Kelapa Muda (Ijo) bagi Tubuh

 Kesehatan

Kelapa muda merupakan buah yang banyak ditemui di kawasan pantai atau wilayah dengan iklim tropis. Buah kelapa muda digemari banyak orang karena rasanya yang enak dan airnya yang sangat segar. Daging buah dan air kelapa banyak dikonsumsi tak hanya untuk memanjakan lidah, melainkan juga untuk kesehatan dan pengobatan. Manfaat buah kelapa muda (ijo) bagi tubuh sudah tidak perlu dipertanyakan lagi karena telah banyak dibuktikan oleh para peneliti. Bahkan, banyak dokter dan ahli kesehatan lainnya juga menyarankan untuk rajin mengonsumsi buah kelapa muda agar kesehatan tetap terjaga.

Pohon kelapa mendapat sebutan pohon kehidupan bukan tanpa alasan. Julukan tersebut disematkan karena seluruh bagian pohon kelapa memberikan banyak sekali manfaat, mulai dari akar, batang, buah, daun, dahan, bahkan minyak dari hasil pengolahannya. Bagian yang paling banyak digemari adalah buahnya karena mengandung daging dan air yang tak hanya lezat, tetapi juga kaya khasiat. Berbagai khasiat didapat dari buah kelapa muda karena kandungan nutrisi dan vitaminnya yang sangat melimpah. Nutrisi penting yang terkandung di dalamnya adalah vitamin, air, kalsium, kalium, zat besi, magnesium, potassium, serat, lemak tak jenuh, dan banyak lagi kandungan berkhasiat lainnya. Di dalam air kelapa muda juga terkandung vitamin C, asam folat, asam nikotinat, asam pantotenat, riboflavin, dan biotin.

3

Berikut ini adalah manfaat buah kelapa muda (ijo) bagi tubuh, khususnya air kelapa mudanya yang sangat terkenal ampuh dalam mengobati berbagai jenis penyakit.

  • Memperlambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh karena kandungan antioksidan di dalamnya sehingga tubuh aman dari radikal bebas.
  • Mencegah kekurangan air atau dehidrasi sehingga khasiatnya lebih baik daripada air putih.
  • Menstabilkan tekanan darah sehingga ampuh dalam menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi dan mencegah risiko terkena serangan jantung serta stroke.
  • Membantu menurunkan berat badan karena buah kelapa mengandung serat alami yang sangat tinggi sehingga mampu melancarkan saluran pencernaan dan melancarkan buang air besar.
  • Dapat memulihkan dan meningkatkan energi sehingga tubuh kembali segar dan bertenaga setelah beraktivitas.
  • Memelihara kesehatan tulang dari ancaman osteoporosis karena mengandung kalsium yang cukup tinggi.
  • Mengobati kencing manis atau diabetes karena buah kelapa rendah gula.
  • Mengatasi rasa mual akibat mabuk kenadraan karena kandungan antidotum.
  • Mengatasi gagal ginjal karena membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh sehingga ginjal kembali normal.
  • Membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga tingkah pH cairan tubuh.
  • Menjaga sistem imun atau daya tahan tubuh karena kandungan elektrolitnya yang mampu membunuh virus dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit flu dan gangguan pernapasan.
  • Berkhasiat mengurangi jerawat dengan memanfaatkan air kelapa muda sebagai tonic wajah.

Dengan beragam manfaat buah kelapa muda (ijo) bagi tubuh tersebut, tidaklah mengherankan bila pohon kelapa disebut-sebut sebagai pohon kehidupan karena telah menghasilkan buah kaya manfaat bagi kesehatan dan pengobatan. Mengonsumsi air kelapa berikut buahnya secara rutin dan teratur akan memberikan efek lebih baik daripada meminum air putih saja. Namun, bukan berarti Anda tidak perlu meminum air putih, sebaiknya tetap diimbangi agar hasilnya lebih maksimal bagi kesehatan tubuh.

Related Posts