Manfaat Sungai bagi Kehidupan

 Kesehatan

Sebagai salah satu bagian dari kenampakan di permukaan bumi, sungai menjadi tempat mengalirnya air dari hulu (gunung atau mata air) menuju hilir (muara). Sungai mengalirkan air secara alami tanpa proses apapun. Karena air merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan, maka sungai juga menjadi bagian terpenting bagi kehidupan seluruh makhluk hidup di bumi ini. Manfaat sungai bagi kehidupan tidak pernah lepas dari kebutuhan makhluk hidup akan air. Sungai diibaratkan sebagai urat nadi kehidupan alam, air yang mengalir di sungai adalah darah yang mengalir ke seluruh penjuru bumi. Sungai juga menjadi sumber kehidupan bagi aneka jenis makhluk hidup air, seperti berbagai jenis ikan, udang, kepiting, dan biota air lainnya.

Manfaat sungai bagi kehidupan. Dalam kajian ilmu tentang air, hidrologi, sungai merupakan suatu siklus tersendiri di dalam kehidupan. Air yang ada di aliran sungai biasanya terkumpul dari suatu proses tertentu, misalnya saja dari air hujan, mata air, air bawah tanah yang melimpah, atau bisa juga berasal dari lelehan salju. Di dalam aliran sungai tersebut, juga bisa terdapat berbagai macam komponen lainnya seperti sendimen atau polutan. Keberadaan sungai di Indonesia tidak sulit ditemukan, bahkan Indonesia memiliki beberapa sungai besar yang menjadi tumpuan hidup jutaan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sungai sendiri memiliki telah menjadi sejarah bagi bangsa Indonesia. Sebelum zaman modern seperti sekarang ini, dulu semua hal dilakukan dengan mengandalkan sungai, bahkan sistem transportasi. Sampai saat ini pun salah satu pulau di Indonesia, Pulau Kalimantan, tetap menjadikan transportasi air (sungai) menjadi transportasi utama dalam beraktivitas.

344

Lantas, bagaimana dengan manfaat sungai bagi kehidupan makhluk hidup di permukaan bumi ini? Tentunya sampai sekarang sungai tetap menjadi tumpuan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang diberikan sungai bagi kehidupan manusia.

  • Untuk pengairan dan irigasi, terutama di sektor pertanian, bagi lahan seperti persawahan, perkebunan, dan perladangan.
  • Sebagai sarana pariwisata keluarga, seperti Sungai bantimurung di Sulawesi Selatan yang banyak dikunjungi wisatawan. Selain menikmati pemandangan sungai, di sana pengunjung juga bisa melihat berbagai macam kupu-kupu yang hidup dengan bebas di habitatnya.
  • Sebagai sumber energi pembangkit listrik bahkan untuk listrik berskala besar yang dibangun Pusat Listrik Tenaga Air atau PLTA.
  • Sebagai sarana transportasi berupa kapal, perahu layar, perahu cadik, dan jenis transportasi lainnya seperti yang terdapat di Kalimantan tepatnya di Sungai Mahakam dan Sungai Barito.
  • Sebagai sumber air bersih yang bisa dipakai untuk memasak, mencuci, mandi, dan berbagai kebutuhan harian lainnya. Meski saat ini telah banyak bermunculan air dalam kemasan, air tersebut tetaplah berasal dari air sungai yang disterilkan dengan proses penyulingan.
  • Untuk budidaya perikanan karena sungai menjadi tempat yang sempurna bagi ikan. Selain karena tempatnya yang alami, air sungai selalu mengalir sehingga sangat baik untuk tumbuh kembang biota air tawar.
  • Sebagai tempat berolahraga air seperti arung jeram, rafting, memancing, dan jenis olahraga air lainnya.

Related Posts