Manfaat Sauna untuk Kesehatan Kulit

 Kesehatan

Anda pernah melakukan sauna? Apa itu sauna? Sauna memiliki nama lain mandi uap atau steam bath. Sauna adalah andi dengan menggunakan uap dalam suatu ruangan khusus yang sisi-sisinya dapat mengeluarkan uap yang panas. Uap yang keluar dari dinding itulah yang akan menyelimuti seluruh badan dan membuat orang yang di dalamnya seperti tengah melakukan aktivitas mandi. Saat ini sauna tengah digemari dan banyak terdapat di salon kecantikan dan spa. Sauna semakin menarik banyak minat karena manfaat sauna untu kesehatan kulit sudah banyak buktinya. Selain manfaat yang diinginkan, orang-orang juga nerasa bahwa sauna bisa membuat kelas sosial seseorang lebih tinggi.

Mengapa sauna bisa menunjang kelas sosial seseorang di mata masyarakat? Sauna merupakan salah satu perawatan kulit yang relatif mahal. Ruangan yang dipakai bukan ruangan yang dibangun dengan biaya yang murah, apalagi fasilitas yang ada di dalamnya sangat lengkap dan mewah. Sampai saat ini, sauna biasanya hanya terdapat di perkotaan dan di salon-salon kecantikan yang terbilang mewah dan mahal. Hanya orang-orang berkantong tebal yang bisa rutin mengunjungi tempat sauna. Uap yang dikeluarkan dari dinding ruang sauna juga bukan sembarang uap, biasanya diperkaya dengan berbagai rempah dan wewangian yang menenangkan karena sauna terkadang digunakan pula untuk relaksasi dan penyegaran pikiran dari rutinitas harian yang padat.

2

Harganya yang relatif mahal dan fasilitas yang mewah tentunya harus ditunjang dengan manfaat yang bisa dipercaya. Manfaat sauna untuk kesehatan kulit sudah tidak perlu diragukan lagi karena telah banyak orang yang membuktikannya. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapat bila rutin menjalani terapi sauna.

  • Membantu melawan infeksi karena keringat yang keluar selama proses sauna mengandung dermcidin yang bisa membantu menangkal beberapa jenis bakteri.
  • Memperlancar aliran darah sehingga mampu meningkatkan detak jantung hingga 50 persen. Semakin lancar aliran darahnya, maka akan semakin banyak oksigen dan nutrisi yang terbawa ke kulit sehngga kulit akan tampak lebih sehat, merona, dan segar.
  • Memicu produksi kolagen semakin meningkat sehingga mampu membuang kulit mati dan mendorong peningkatan sel kulit baru yang lebih sehat.
  • Sebagai detoksifikasi, yakni pengeluaran racun melalui keringat. Saat pori-pori kulit terbuka, keringat yang keluar juga akan membawa racun-racun yang terdapat di kulit. Proses detoksifikasi dimulai ketika tubuh terasa panas dan kulit mulai mengeluarkan bulir-bulir keringat, semakin lama keringat yang keluar akan semakin banyak sehingga racun yang dibuang juga semakin banyak.

Untuk mendapatkan manfaat sauna untuk kesehatan kulit di atas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, bila melakukan sauna di tempat umum, alasi tempat duduk dengan handuk agar tidak terkena bakteri dari pengguna sebelumnya. Kedua, bersihkan seluruh tubuh sampai benar-benar bersih dari sisa keringat dan minyak. Ketiga, bagi Anda yang sedang hamil, menderita penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan penyakit kulit khusus disarankan untuk tidak melakukan sauna. Keempat, minumlah banyak air putih setelah melakukan sauna karena tubuh akan dehidrasi setelah berkeringat sangat banyak.

Related Posts