Pengertian Pengangguran Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Pengangguran menjadi masalah tersendiri bagi sebuah negara. Memiliki banyak rakyat yang menjadi pengangguran tentunya membawa dampak negatif, misalnya meningkatnya angka kriminalitas, semakin banyaknya pengemis dan pengamen, serta lain sebagainya. Sebenarnya, apa itu pengangguran? Bagaimana pula pengertian pengangguran menurut para ahli? Penganguran adalah ketimpangan kesempatan yang terjadi antara angkatan kerja dan kesempatan kerja sehingga sebagian angkatan kerja tidak dapat melakukan kegiatan kerja. Terjadinya pengangguran tidak hanya disebabkan karena kurangnya lowongan pekerjaan, tetapi juga disebabkan oleh kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja. Persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan oleh dunia kerja tidak dapat dipenuhi oleh pencari kerja.persyaratan yang diajukan bisa dari segi pendidikan, usia, keterampilan, dan lain sebagainya.

66

                Ada tiga jenis pengangguran bila dibagi berdasarkan faktor-faktor yang menyebabkannya, yakni pengangguran friksional, pengangguran struktural, dan pengangguran musiman. Pengangguran friksional adalah pengangguran yang terjadi akibat kesenjangan waktu, informasi, maupun kondisi geografis antara pencari kerja dan lowongan kerja. Pengangguran struktural adalah pengangguran yang terjadi karena pencari kerja tidak memenuhi persyaratan yang dibutuhkan untuk lowongan pekerjaan yang ada. Sedangkan pengangguran musiman adalah pengangguran yang terjadi karena pergantian musim, misalnya saja orang yang bekerja di bidang pertanian, saat tidak musim tanam atau panen maka buruh tani tidak bisa bekerja.

                Untuk lebih memahami jenis pengangguran di atas, berikut ini beberapa pengertian pengangguran menurut para ahli.

  • Menurut Nanga, pengangguran adalah suatu keadaan di mana seseorang yang tergolong dalam kategori angkatan kerja tidak memiliki pekerjaan dan secara aktif tidak sedang mencari pekerjaan.
  • Menurut Sukirno, pengangguran adalah jumlah tenaga kerja dalam perekonomian yang secara aktif mencari pekerjaan tetapi belum memperolehnya.
  • Menurut Menakertrans, pengangguran adalah orang yang tidak bekerja, sedang mencari pekerjaan, mempersiapkan usaha baru, dan tidak mencari pekerjaan karena merasa tidak mungkin mendapakan pekerjaan.
  • Menurut Payman J. Simanjuntak, pengangguran adalah orang yang tidak bekerja berusia angkatan kerja yang tidak bekerja sama sekali atau bekerja kurang dari dua hari selama seminggu sebelum pencacahan dan berusaha memperoleh pekerjaan.

                Ada banyak hal yang menyebabkan pengangguran terjadi di masyarakat. Hal-hal tersebut antara lain.

  • Kurangnya lapangan pekerjaan.
  • Pertumbuhan penduduk yang cepat tidak sesuai dengan jumlah lapangan pekerjaan.
  • Tidak adanya kecocokan upah.
  • Kurangnya informasi mengenai lowongan pekerjaan.
  • Tidak mau menajalani wirausaha.
  • Angkatan kerja tidak mampu memenuhi kualifikasi yang diinginkan oleh dunia kerja.
  • Ketidakberhasilan sektor industri kecil dan industri rumah tangga.

                Selain pengertian pengangguran menurut para ahli dan penyebab timbulnya pengangguran, ada pula jenis pengangguran dilihat dari sifatnya, yakni pengangguran terbuka, setengah menganggur, pengangguran terselubung. Pengangguran terbuka adalah orang yang sama sekali tidak bekerja dan tidak berusaha mencari pekerjaan. Setengah enganggur adalah orang yang bekerja tetapi tenaganya kurang termanfaatkan diukur dari jam kerja, produktivitas kerja, dan penghasilannya. Sedangkan pengangguran terselubung adalah tenaga kerja yang tidak bekerja secara optimal karena suatu alasan tertentu, misalnya seorang sarjana yang hanya bekerja sebagai tukang parkir.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :  pengertian reformasi , pengertian desain grafis , pengertian metode pembelajaran , pengertian al quran , pengertian indikator , pengertian hotel , pengertian pengangguran , pengertian perencanaan , pengertian masalah , pengertian marketing , pengertian promosi

Related Posts