Pengertian Masalah Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Mendengar kata istilah tentulah sudah sangat sering kita alami, namun bagaimana dengan pengertian masalah menurut para ahli? Apakah pernah terpikirkan bahwa kata sesederhana itupun memiliki pengertian yang dikemukakan oleh para pakar? Tentunya kita semua pernah memiliki masalah, entah itu masalah ringan ataupun berat. Masalah yang kita hadapi sudah seharusnya bisa kita selesaikan dengan baik, bukannya dihindari. Tak ada seorangpun yang bisa luput dari masalah. Maslah adalah sebuah kendala atau persoalan yang harus dipecahkan. Yang patut kita pahai bahwa masalah yang kita hadapi terkadang bisa sangat mendewasakan kita, menjadikan kita pribadi yang jauh lebih baik daripada sebelunya. Namun, tak jarang pula masalah bisa membuat kita menjadi lebih buruk bila tak bisa menyelesaikannya dengan baik.

8

                Selain pengertian masalah menurut para ahli, ada dua jenis masalah yang sudah kita kenal, yakni masalah sederhana dan masalah rumit. Kedua masalah tersebut bisa dibedakan menurut ciri-cirinya, jangkauannya, dan cara mengatasinya. Berikut penjelasan lebih detailnya.

  1. Masalah sederhana memiliki ciri berskala kecil, tidak memiliki sangkut paut dengan masalah yang lain, tidak memiliki konsekuensi yang besar, pemecahannya tidak memerlukan pemikiran yang luas dan mendalam, serta bisa diselesaikan secara individu. Jangkauannya secara individu dan bisa diselesaikan secara individu. Teknik menyelesaikannya bisa dari pengalaman, intuisi, dan kebiasaan pada diri seseorang.
  2. Masalah rumit atau kompleks memiliki ciri berskala besar, memiliki kaitan erat dengan masalah lainnya, berkonsekuensi besar, dan penyelesaiannya memerlukan pemikiran atau analisis yang tajam. Jangkauannya secara kelompok yang melibatkan pimpinan dan segenap karyawan. Dalam masalah rumit terdapat dua jenis masalah, yakni terstruktur dan tidak terstruktur. Masalah terstruktur adalah masalah yang jelas penyebabnya, rutin, dan sering terjadi sehingga pemecahannya sudah bisa diprediksi. Masalah tidak terstruktur adalah masalah yang tidak jelas penyebab dan konsekuensinya, serta bukan masalah yang sering berulang.

                Terkait dengan definisi para pakar, berikut ini adalah pengertian masalah menurut para ahli.

  • Menurut Irmansyah Effendi, masalah adalah pelajaran saat anda sadar sebagai kesadaran jiwa, anda dengan mudah dapat melihat kelemahan dan masalah Anda.
  • Menurut Hudojo, masalah adalah pernyataan kepada seseorang di mana orang tersebut tidak mempunyai aturan/hukum tertentu yang segera dapat digunakan untuk menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut.
  • Menurut Abdul Cholil, masalah adalah bagian dari kehidupan. Setiap orang pasti pernah menghadapi masalah, bisa bersumber dari diri sendiri maupun bersumber dari orang lain.
  • Menurut Prajudi Atmosudirjo, masalah adalah sesuatu yang menyimpang dari apa yang diharapkan, direncanakan, ditentukan untuk dicapai sehingga merupakan rintangan menuju tercapainya tujuan.
  • Menurut Jeffey Liker, masalah merupakan peluang untuk perbaikan, kebalikan dari masalah adalah peluang.
  • Menurut Jujun Suparjan Suriasumantri, masalah merupakan titik tolak dari seluruh kegiatan keilmuan yang akan dilakukan.
  • Menurut Istijanto, masalah merupakan bagian yang paling penting dalam proses riset, sebab masalah memberi pedoman jenis informasi yang nantinya akan dicari.
  • Menurut Richard Carlson, masalah adalah tempat terbaik untuk berlatih agar hati kita tetap terbuka karenamasalah adalah bagian dari kehidupan kita.
  • Menurut Agung Wijaya, masalah merupakan suatu keadaan yang tidak seimbang antara harapan/keinginan dengan kenyataan yang ada.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :  pengertian reformasi , pengertian desain grafis , pengertian metode pembelajaran , pengertian al quran , pengertian indikator , pengertian hotel , pengertian pengangguran , pengertian perencanaan , pengertian masalah , pengertian marketing , pengertian promosi

Related Posts