Pengertian Marketing Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Marketing atau bisa disebut juga dengan pemasaran merupakan istilah umum di bidang perekonomian dan bisnis. Tentunya banyak sekali pengertian marketing menurut para ahli yang telah dipublikasikan dan bisa kita pelajari. Secara umum, marketing atau pemasaran dimaknai sebagai cara-cara yang dilakukan oleh perusahaan dalam menjual produknya. Ada juga pendapat lain yang mengemukakan bahwa marketing adalah usaha promosi atau cara perusahaan dalam memengaruhi konsumen agar membeli produknya. Namun, kenyataanya makna atau definisi marketing lebih luas dari hal-hal yang hanya berbau promosi. Lebih lanjut akan kita bahas beserta pendapat para pakar.

                Ilmu marketing pertama kali dipelajari sebagai bidang usaha pada tahun 1902. Saat itu, belum popular istilah pemasaran atau marketing, melainkan menggunakan istilah proses distribusi. Selanjutnya pada tahun 1960-an, titik berat marketing beralih ke bidang manajemen perusahaan sehingga marketing dapat didefinisikan sebagai manajemen aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Pemasaran kemudian diartikan sebagai suatu kegiatan usaha untuk mengarahkan aliran barang dan jasa dari produsek kepada konsumen atau pemakai.

9

                Berikut ini adalah pengertian marketing menurut para ahli. Definisi ini dikemukakan oleh para pakar di bidangnya masing-masing.

  • Menurut KBBI (Kamus Besar bahasa Indonesia), pemasaran adalah (1) proses, cara, perbuatan memasarkan suatu barang dagangan; (2) perihal menyebarluaskan ke tengah-tengah masyarakat.
  • Menurut Willian J. Stanton, pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan jasa baik kepada konsumen saat ini maupun konsumen potensial.
  • Menurut Wikipedia bahasa Indonesia, pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
  • Menurut Sutisna, pemasaran adalah usaha untuk menyampaikan pesan kepada publik terutama konsumen sasaran mengenai keberadaan produk di pasar.
  • Menurut Basu Swasta, pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa, ide kepada pasar agar dapat mencapai pasar sasaran.
  • Menurut Muntaha, pemasaran adalah proses pengolahan, produksi, dan penyampaian informasi atau pesan-pesan melalui satu atau lebih saluran kepada khalayak sasaran secara berkesinambungan serta bersifat dua arah dengan tujuan menunjang dan efisiensi pemasaran suatu produk.
  • Menurut Philip Kotler, pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan produk yang bernilai dengan pihak lain.
  • Menurut Djaslim Saladin, pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.

                Dari pengertian marketing menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa pemasaran merupakan suatu proses pertukaran produk berupa barang, jasa, dan ide yang melibatkan dua pihak atau lebih. Pada prakteknya, pemasaran seringkali dipandang sebagai suatu upaya kreatif, promosi, atau periklanan, distribusi, dan penjualan. Agar upaya pemasaran dapat dilakukan dengan efektif dan mencapai sasaran diharapkan, diperlukan perumusan strategi yang benar-benar cermat.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :  pengertian reformasi , pengertian desain grafis , pengertian metode pembelajaran , pengertian al quran , pengertian indikator , pengertian hotel , pengertian pengangguran , pengertian perencanaan , pengertian masalah , pengertian marketing , pengertian promosi

Related Posts