Manfaat Buah Kiwi bagi Kesehatan

 Kesehatan

Kiwi dikenal sebagai buah mahal yang tidak semua orang bisa menikmatinya setiap hari. Dengan harga yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan harga buah lainnya, sangat wajar bila kiwi memiliki berbagai khasiat dan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Manfaat buah kiwi bagi kesehatan sangat banyak dan juga bisa sebagai obat berbagai penyakit. Buah kiwi memang tidak terlalu popular di Indonesia karena buah ini merupakan salah satu buah impor dan lebih dikenal dengan buah mewah. Kiwi memiliki kulit berwarna coklat berbulu halus, daging buah berwarna hijau brilian dengan biji kecil-kecil berwarna hitam yang bisa juga dikonsumsi bersama daging buahnya. Buah kiwi memiliki rasa manis asam dan menyegarkan.

Buah kiwi mengandung berbagai macam vitamin dan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Menurut penelitian yang pernah dilakukan oleh Zespri Health Scinece, buah kiwi memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak, malah lebih banyak dari buah jeruk. Vitamin C dalam buah kiwi juga bisa berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mencegah kerusakan sel akibat proses oksidasi. Selain vitamin C, buah kiwi masih kaya akan vitain dan nutrisi, seperti asam folat, kalium, karotenoid, dan masih banyak lagi kandungan zat-zat yang baik bagi tubuh.

9

Adapun manfaat buah kiwi bagi kesehatan adalah sebagai berikut.

  • Menurunkan berat badan karena rendah indeks glikemik dan memiliki kandungan serat yang tinggi.
  • Menyembuhkan asma atau sesak napas dan batuk
  • Melindungi tubuh dari kerusakan DNA karena di dalam buah kiwi terdapat kombinasi yang unik dari antioksidan, hal ini juga bisa mencegah penyakit kanker.
  • Membantu memperlancar pencernaan karena enzim protein larut, actinidain yang mampu membantu mencerna makanan.
  • Meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh karena tinggi kandungan vitamin C dan antioksidan.
  • Membantu mengelola tekanan darah karena kalium menjaga elektrolit tetap seimbang untuk menangkal efek natrium.
  • Sumber vitamin E yang baik bagi kulit dan antioksidan yang berguna untuk melindungi kulit dari degenerasi.
  • Menyembuhkan dari penyakit diabetes karena rendah indeks glikemik sehingga tidak meningkatkan gula darah dengan cepat.
  • Menyeimbangkan alkaline karena kaya mineral sehingga bisa menggantikan kelebihan asam.
  • Sebagai sumber potassium yang baik dan penting bagi tubuh.
  • Membantu menghilangkan racun dari saluran pencernaan karena bantuan serat fuzzy dengan cara mengikat dan memindahkan racunnya.
  • Menjaga kesehatan jantung, mengencerkan dan mengurangi pembekuan darah, dan menurunkan tingkat trigliserida (lemak) dalam darah.
  • Menjaga kesehatan mata karena kadar karotenoid membantu melindungi mata dari radikal bebas.

Itulah berbagai manfaat buah kiwi bagi kesehatan. Bagi Anda yang merasa keberatan dengan harga buah kiwi yang terlalu mahal, bisa disiasati dengan konsumsi yang tidak terlalu banyak asalkan bisa mengonsumsinya setiap hari. Hasil maksimal dari seluruh khasiat kiwi akan terasa bila dikonsumsi secara rutin setiap hari. Cara mengonsumsinya bisa dengan dimakan langsung atau diolah menjadi jus kiwi. Buah kiwi juga bisa dijadikan salah satu topping kue, masakan, tart, dan berbagai olahan lainnya.

Related Posts