Pengertian Demokrasi Pancasila Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Indonesia merupakan negara yang berdasarkan asas demokrasi pancasila. Sebelum memulai untuk mengupas pengertian demokrasi pancasila menurut para ahli, kita jabarkan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan demokrasi. Istilah demokrasi pertama kali diperkenalkan oleh Aristoteles. Demokrasi dimaknai sebagai suatu bentuk pemerintahan dalam sebuah negara di mana kekuasaan tertingginya berada di tangan rakyat, baik secara langsung maupun melalui perwakilannya. Jika kita lihat sejarahnya, istilah demokrasi berasal dari bahasa Yunani, yakni demokratia. Kata tersebut dibentuk dari kata demos yang berarti rakyat dan kratos yang bermakna kekuasaan, sehingga demokratia diartikan sebagai kekuasaan rakyat. Istilah ini muncul di Yunani pada pertengahan abad ke-5 dan ke-4 SM. Maka, secara tidak langsung demokrasi mengadaptasi pada sistem politik dari Yunani kuno.

                Mengacu pada pengertian dasar di atas, demokrasi pancasila bisa dimaknai dengan sistem pemerintahan pada suatu negara dengan kekuasaan berada di tangan rakyat dan berasaskan pada pancasila. Pancasila sendiri sebagai dasar negara Indonesia memegang peranan yang sangat penting dalam sistem demokrasi itu sendiri. Kelima sila yang dijabarkan dalam pancasila telah mencakup segala aspek yang dibutuhkan dalam membangun dan memerintah sebuah negara. Pancasila yang dilambangkan dengan burung garuda ini telah menjadi dasar negara yang sangat kuat selama puluhan tahun.

101

Untuk lebih mendalami mengenai pengertian demokrasi pancasila, berikut ini adalah beberapa pengertian demokrasi pancasila menurut para ahli.

  • Menurut Prof. Dardji Darmo Diharjo, SH., demokrasi pancasila adalah sebuah paham demokrasi yang bersumber pada kepribadian dan falsafah hidup bangsa Indonesia yang perwujudannya seperti dalam ketentuan-ketentuan pembukaan UUD 1945.
  • Menurut Prof. Dr. Drs. Notonegoro, SH., demokrasi pancasila adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
  • Menurut Ensiklopedia Indonesia, demokrasi Indonesia berdasarkan pancasila yang meliputi bidang-bidang politik, sosial, dan ekonomi, serta yang dalam penyelesaian masalah-masalah nasional berusaha sejauh mungkin menempuh jalan permusyawaratan untuk mencapai mufakat.

Berdasarkan beberapa pengertian demokrasi pancasila di atas,  kita dapat menyimpulkan bahwasanya demorasi pancasila adalah suatu bentuk pemerintahan yang berasal dari rakyat, dilakukan oleh rakyat, dan dipergunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan rakyat. Namun, dalam perkembangannya hal tersebut tidaj berjalan sesuai dengan pengertian awal. Demokrasi dijalankan tidak hanya sebagai bentuk pemerintahan, tetapi juga telah menjadi sistem politik dan sikap hidup. Parahnya lagi, sistem politik yang saat ini tengah berkembang di Indonesia mulai banyak terjadi ketimpangan dan kebobrokan.

Dari beberapa pengertian demokrasi pancasila menurut para ahli, dikemukakan pula aspek-aspek yang ada di dalamnya. Aspek-aspek tersebut adalah aspek material, aspek formal, aspek normative, aspek optatif, aspek organisasi, dan aspek kejiwaan. Keenam aspek ini mematangkan pengertian mengenai demokrasi pancasila. Kesemua aspek tersebut saling melengkapi dan berkaitan  sehingga demokrasi pancasila bisa diterapkan dengan baik sesuai dengan dasarnya. Paparan mengenai sedikit sejarah, beberapa pengertian, dan aspek-aspek demokrasi pancasila di atas semoga bisa menjadi pembelajaran baru bagi kita untuk lebih mengenal negara Indonesia.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :    pengertian asuransi , pengertian jurnal , pengertian ijtihad , pengertian isp , pengertian pemasaran , pengertian masyarakat madani , pengertian resensi , pengertian microsoft excel , pengertian pemilu , pengertian manusia , pengertian paradigma , pengertian http , pengertian variabel , pengertian wifi , pengertian demokrasi pancasila , pengertian protein , pengertian dasar negara

Related Posts