Pengertian Pegunungan Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Permukaan bumi tidak benar-benar rata atau datar seperti kelihatannya bila kita mengamatinya dari foto luar angkasa. Sebenarnya bumi itu penuh dengan relief yang beraneka bentuk, ada cekungan berupa jurang, cekungan berair berupa danau, gundukan berupa gunung, dan kumpulan gunung yang disebut dengan pegunungan. Semuanya disebut sebagai fenomena alam yang membuat bumi menjdai lebih indah. Pegunungan sebagai salah satunya juga memiliki peranan yang beraneka ragam, mampu memberikan berbagai  manfaat bagi makhluk hidup di bumi. Oleh sebab itu, segala ilmu pengetahuan yang membahas tentang pegunungan banyak diteliti oleh para pakar geologi, salah satunya adalah pengertian pegunungan menurut para ahli.

Gunung adalah setiap bagian dari permukaan bumi yang menjulang dan memiliki ketinggian lebih dari 600 meter di atas permukaan daerah sekitarnya. Pegunungan merupakan rangkaian gunung yang berjajar dalam satu wilayah dengan luas bisa mencapai ribuan kilometer, proses terbentuknya membutuhkan waktu jutaan tahun. Proses terbentuknya pegunungan melewati tiga tahap pembentukan alam, yakni sedimentasi, pergerakan lapisan kerak, dan tekanan besar. Sedimentasi adalah endapan yang terbawa dari daratan oleh sungai atau bisa juga terlempar dari letusan gunung berapi. Endapan-endapan ini akan menumpuk dan menjadi batuan endapan yang semakin lama semakin besar. Lalu, timbullah pergerakan lapisan kerak yang akan mendesak batuan-batuan tersebut sehingga terlipat. Terakhir, adanya tekanan yang sangat besar akan menyebabkan lapisan batuan tersebut terangkat dan membentuk barisan gunung atau pegunungan.

4

Cabang ilmu geologi mengenai pegunungan memang telah banyak diteliti oleh para ahli. Selain mengenai pengertian pegunungan menurut para ahli, hal yang cukup menarik untuk ditelaah lebih lanjut adalah klasifikasi pegunungan. Dalam tatanan pegunungan di seluruh dunia ini, ada sistem yang kompleks untuk mengklasifikasikannya ke dalam beberapa jenis karena membutuhkan banyak pertimbangan dan faktor dalam melakukannya. Ada yang membaginya berdasarkan pada letak geografisnya, sifat alami batuan yang menyusunnya, jumlah gunungnya, tipe deformasi betuan pembentuknya, dan ada pula yang membaginya berdasarkan waktu pembentukannya. Semua klasifikasi tersebut tidak serta merta langsung terjadi, ada banyak proses dan penelitian yang harus dilakukan dan tentunya membutuhkan waktu, tenaga, pikiran, dan biaya yang tidak sedikit.

Tidak semua daratan menjulang bisa disebut sebagai pegunungan. Ada karakteristik yang harus dimiliki agar bisa disebut sebagai pegunungan. Karakteristik-karakteristik tersebut adalah sebagai berikut.

  • Pegunungan merupakan dataran tinggi yang letaknya jauh dari laut karena memang keberadaannya yang berbeda dan lebih tinggi dari permukaan bumi lainnya.
  • Pegunungan merupakan kumpulan dari beberapa gunung yang berjajar dan saling berhubungan dalam satu wilayah.
  • Daerah pegunungan memiliki hawa yang sejuk karena berada di ketinggian tertentu yang menyebabkan tekanan udara menjadi cukup tinggi.
  • Karena berhawa dingin, pegunungan menjadi daerah yang sangat cocok untuk pertanian karena sangat subur.

Indonesia memiliki banyak jenis pegunungan yang tersebar di hampir seluruh kepulauannya. Itu sebabnya Indonesia disebut sebagai negara agraris karena berlimpah bidang tanah pegunungan yang bisa dijadikan tempat pertanian. Semua itu tersebar dari Sabang sampai Merauke dengan nama pegunungan yang beraneka ragam. Demikian ulasan mengenai pengertian pegunungan menurut para ahli. Semoga bisa dijadikan bahan referensi dan bisa bermanfaat.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian vitamin , pengertian radio , pengertian muamalah , pengertian konsumsi , pengertian gunung , pengertian estetika , pengertian kualitas , pengertian wan , pengertian gen , pengertian wireless , pengertian e-learning

Related Posts