Pengertian WAN Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

WAN, LAN, dan MAN merupakan istilah-istilah yang sangat akrab dengan dunia jaringan internet. Ketiganya memiliki pengertian yang berbeda meskipun masih saling berkaitan. Pengertian WAN menurut para ahli juga bisa menjelaskan jaringan-jaringan tersebut. WAN merupakan singkatan dari Wide Area Network yang bisa diartikan sebagai salah satu jaringan komputer terluas pada geografis yang bisa melintas antarnegara dan bahkan antarbenua. Fungsi Wan adalah untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan yang lain sehingga pengguna bisa berkomunikasi dengan pengguna lain yang berada di lokasi yang berbeda, meski jauh jaraknya. Jadi, WAN merupakan link terpisah secara geografis yang menghubungkan kantor pusat ke kantor perwakilan dengan menggunakan link privat.

WAN membutuhkan router atau saluran komunikasi publik untuk pengoperasiannya. Mengapa WAN dan LAN saling berkaitan? Karena jaringan WAN merupakan kumpulan dari WAN yang dihubungkan menggunakan alat komunikasi modem dan jaringan internet dari atau ke kantor pusat dan kantor cabang. Melalui sistem jaringan ini, transfer data bisa dilakukan dengan cepat dan murah. WAN menghubungkan dua lokasi jaringan internet dengan kecepatan 1,6 – 10 Mbps dengan mendayagunakan RF spectrum lebar. Jaringan ini merupakan sistem poin to point yang menghubungkan jaringan melintasi kota-kota menggantikan infrastruktur publik.

7

Kelemahan jaringan WAN adalah keberadaannya yang tergantung pada kehadiran perusahaan penyedia layanan telekomunikasi yang menyediakan layanan hubungan jarak jauh. Teknologi WAN menggunakan kombinasi sinyal analog dan digital dalam melakukan transmisi data. Tidak seperti LAN yang mentransmisikan koneksi antar komputer melalui koneksi fisik secara langsung. Hal tersebut juga diungkapkan oleh beberapa pakar teknologi dan komunikasi melalui pengertian WAN menurut para ahli. WAN juga dapat dibangun dengan menggunakan jaringan internet dengan menerapkan  teknologi VPN (Virtual Private Network). Dengan VPN ini rangkaian swasta diemulasikan dalam bentuk terowongan terenkripsi dari satu situs ke situs lainnya. Ada banyak penerapan teknologi jaringan WAN pada layanan WAN, yaitu ISDN (Integrated Services Digital Network), X.25 packet-switching protocol, ATM (Asynchronous Transfer Mode), Frame relay, Leased Line, dan DSL (Digital Subscriber Line).

Ketika Anda ingin merancang jaringan WAN, Anda harus memetakan topologi WAN dan desain jenis koneksi yang akan Anda gunakan. WAN harus berorientasi jaringan atau dibangun di seluruh jaringan publik packet-switched. Yang perlu Anda ketahui adalah bahwasanya membuat jaringan WAN privat itu membutuhkan biaya yang lebih banyak dibandingkan membuat packet-switch WAN. Namun, jaringan privat bisa memberikan privasi penuh dan bandwidth berdedikasi. Jaringan Leased Lines berdedikasi memiliki keunggulan memperoleh layanan berdedikasi dan kebutuhan bandwidth. Mahalnya biaya pembuatan Wan membuatnya posisinya semakin tergeser dengan kehadiran model koneksi jaringan internet dan penggunaan firewall dan VPN.

Demikian pembahasan mengenai pengertian WAN menurut para ahli. Perkembangan dunia internet dan teknologi yang semakin berkembang dan canggih menuntut kita untuk bisa mempelajari dan memahami setiap perkembangannya. Semoga ulasan ini bisa membantu menambah wawasan dan pengetahuan Anda. Bukan tidak mungkin bahwa apa yang kita pelajari saat ini akan berubah sesuai zamannya. Untuk itu, pembaruan ilmu harus terus dilakukan.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian vitamin , pengertian radio , pengertian muamalah , pengertian konsumsi , pengertian gunung , pengertian estetika , pengertian kualitas , pengertian wan , pengertian gen , pengertian wireless , pengertian e-learning

Related Posts