Pengertian dan Fungsi Motherboard

 Pengetahuan

Familiar kah anda dengan kata motherboard? Sepertinya, kata motherboard terdengar asing di telinga masyarakat. Motherboard memang tidak berhubungan dengan metabolism yang ada pada tubuh kita, tetapi berhubungan dengan system komputer. Komputer termasuk salah satu kebutuhan primer di masa sekarang. Komputer memiliki bagian – bagian penting dalam rangkaiannya sehingga dapat menjalankan tugas sesuai dengan fungsi nya. Salah satu bagian yang terdapat dalam rangkaian komputer adalah motherboard. apa pengertian dan fungsi motherboard dalam system komputer?

Pembahasan artikel kali ini di beri judul pengertian dan fungsi motherboard. Apa itu motherboard? Motherboard dikatakan sebagai perangkat keras yang berperan penting dalam system komputer. Jadi, dapat dipastikan tanpa motherboard, komputer kita tidak dapat berjalan sesuai dengan mestinya. Apabila komputer tidak berfungsi anda dapat membayangkan pekerjaan apa saja yang akan tertunda karena masalah ini, dan masalah baru apa saja yang akan timbul karena kerusakan ini. Motherboard berbentuk seperti papan yang mempunyai jalur – jalur sistematis yang menghubungakan satu komponen dengan komponen lainnya. Motherboard disimpan atau ditempatkan pada suatu casing (kotak komputer). Motherboard betugas untuk mengatur hal – hal yang bersifat teknis seperti, RAM (memori penyimpanan data sementara), VGA card ( memori penyimpanan data grafis ), chipset (pengatur koneksi input – output), BIOS ( Basic Input Output System ), prosesor dan additional card.  Dalam pengertiannya, motherboard berfungsi sebagai :

5

  1. Motherboard berfungsi sebagai pusat penghubung antara satu perangkat keras dengan perangkat keras lainnya. Hal ini berkaitan dengan tugas motherboard susai dengan penjelasan pada alenia di atas
  2. Motherboard berfungsi sebagai sarana lalu lalangnya suatu data
  3. Motherboard berfungsi sebagai penghubung perangkat komputer satu dengan yang lainnya, sehingga komputer dapat berjalan dengan lancer dan berfungsi sesuai dengan fungsinya.
  4. Dengan menggunakan motherboard, kita dapat menghemat biaya, Karena dalam motherboard terdapat komponen internal, sehingga kita tidak perlu lagi membeli komponen – komponen tersebut.
  5. Menggunakan motherboard, berarti kita memberikan ruang bagi komputer kita, karena dalam motherboard terdapat komponen – komponen internal sehingga tidak perlu menambahkan komponen lain, jadi dengan pemasangan motherboard saja sudah cukup, dan ruang yang ada di komputer kita tidak terbuang oleh komponen – komponen yang dibutuhkan komputer untuk menjalankan tugasnya

Sudah pahamkah anda mengenai pengertian dan fungsi motherboard? Pengetahuan seperti ini memang sering disepelekan karena penerapannya tidak berhubungan langsung dengan kepentingan manusia. Meskipun begitu motherboard memiliki pengaruh yang cukup vital untuk fungsi komputer kita. Jadi penulis rasa tidak ada salahnya menambah pengetahuan dengan mencari tahu temtang pengertian dan fungsi motherboard.

Penulis rasa pembahasan pengertian dan fungsi motherboard kali ini cukup menjawab pertanyaan tentang pengertian motherboard dan fungsi apa saja yang dihasilkan dari alat berbentuk papan ini. Semoga pembahasan kali ini menambah ilmu pengetahuan dan wawasan bagi anda yang membacanya, penulis juga berharap penulisan kali ini dapat anda jadikan referensi untuk pengetahuan tambahan. Teruslah membaca, tidak hanya sampai disini, tidak hanya saat anda membutuhkan informasi, atau karena suatu keterpaksaan, tetapi untuk mendapatkan suatu ilmu yang bisa anda terapkan secara positif dalam kehidupan anda dimasa sekarang ataupun dimasa depan.

Related Posts