Pengertian dan Fungsi Keluarga

 Pengetahuan

Apakah anda mempunyai keluarga? Jawabannya pasti yes. Jika ditanya mengenai pengertian dan fungsi keluarga, dapatkah anda menjelaskannya secara rinci? Agar tidak salah dalam memahami pengertian dan fungsi keluarga, simaklah pembahasan berikut.

Kita sebagai bagian dari keluarga sudah seharusnya memahami pengertian dan fungsi keluarga. Mengapa? karena kita tinggal dalam sebuah keluarga, rasanya tidak pantas jika menjabarkan pengertian dan fungsi keluarga saja kita tidak tahu. Kelurga dirtikan sebagai bagian dari kehidupan yang dijadikan sarana untuk membentuk kepribadian seorang anak. Maksudnya adaalah keluarga merupakan lingkungan pertama untuk seoraang anak yang lahir ke dunia, dia dibesarkan, disayangi, diperhatikan, dan didik dalam sebuah keluarga. Di negara Indonesia, keluarga diatur dalam undang – undang Republik Indonesia nomor 10, tahun 1992, dengan definisi keluarga sebagai wawhana pertama seorang anak untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan bagi kelangsungan hidupnya. Para ahli juga  mengemukakan berbagai pendapat tentang pengertian keluarga, meskipun banyak perbedaan pendapat tetap saja memiliki maksud yang sama. Secara garis besar, keluarga dibedakan manjadi dua bentuk, yaitu :

6

  • keluarga besar yaitu keluarga yang meliputi lebih dari satu generasi dan satu lingkungan anggota keluarga yang lebih luas daripada hanya ayah, ibu dan anak. Untuk mempermudah maksudnya, keluarga besar dikatakan sebagai keluarga inti ditambah dengan anggota keluarga – keluarga lain, atas keluarga dengan generasi yang sama.
  • Keluarga inti yaitu keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak yang belum menikah

Untuk melengkapi artikel dengan judul pengertian dan fungsi pancreas kali ini, mari sama – sama kita jabarkan apa saja fungsi keluarga. Fungsi keluarga secara umum adalah adalah

  1. Keluarga berfungsi untuk pendidikan bagi seorang anak, maksudnya adalah lingkungan pendidikan pertama bagi seorang anak yang lahir ke dunia yaitu keluarga.
  2. Keluarga berfungsi sebagai sarana sosialisasi, melalui hubungan dalam keluarga, seorang anak melihat cara tingkah laku, sikap, keyakinan, cita – cita dan nilai dalam masyarakat. Dengan melihat, seorang anak akan megerti dan menerapkan hal – hal tersebut untuk kehidupannya kelak dalam rangka pengembangan diri
  3. Keluarga berfungsi sebagai penghubung untuk seorang anak dengan kehidupan sosialnya
  4. Keluarga berfungsi sebagai pemberi rasa aman untuk melindungi anak – anaknya dalam kondisi yang tidak stabil dalam lingkungan mereka hidup
  5. Keluaga berfungsi untuk memperkenalkan anak pada kehidupan beragama. Dengan pengenalan ini, seorang anak akan menjadi manusia yang beragama dan menjalankan kehidupannya sesuai dengan norma dan aturan yang sesuai dengan keyakinan tersebut.
  6. Keluarga berfungsi sebagai pemenuh kebutuhan hidup sehingga tercipta suasana solidaritas, saling mengerti dan tanggung jawab terhadap semua anggota keluarga
  7. Keluarga berfungsi sebagai pengembangan keturunan

Sudahkah anda memahami tentang pengertian dan fungsi keluarga? Keluarga memegang peranan penting dalam meningkatkan kesejahteraan individu yang menjadi anggota keluarga dari suatu keluarga. Semoga pembahasan artikel pengertian dan fungsi keluarga memberikan wawasan, dan ilmu pengetahuan tambahan untuk anda yang membacanya. Teruslah mencari ilmu dengan membaca, taklukan dunia dengan ilmu yang kita kuasai.

Related Posts