Manfaat Buah Sawo bagi Kehidupan

 Kesehatan

Sawo adalah salah satu jenis buah yang mudah dijumpai di sekitar kita. Pohon sawo yang besar dan rimbun terkadang ditanam di kebun yang luas. Namun, ada juga pohon sawo kecil yang biasa disebut dengan sawo kecik (Jawa) bisa ditanam di halaman rumah sekaligus sebagai tanaman hias. Sawo banyak disukai oleh masyarakat karena rasanya yang sangat manis dan tekstur dagung yang khas. Selain itu, manfaat buah sawo bagi kehidupan juga sangat banyak, terutama bagi kesehatan dan pengobatan alami. Dengan kandungan air yang cukup tinggi, buah sawo juga disukai karena menyegarkan dan menyehatkan.

Buah sawo atau Manilkara Zapota adalah buah yang banyak tumbuh di negara dengan iklim tropis, seperti Indonesia. Sawo termasuk buah yang sangat popular karena mudah ditemui dan bisa dicari sepanjang tahun tanpa mengenal musim. Daging buah sawo kaya akan kalori dan serat yang tersusun dengan gula alami, yakni fruktosa dan sukrosa. Selain itu, di dalam buah sawo juga terkandung berbagai sumber vitamin, mineral, dan tannin yang sangat bermanfaat sebagai antioksidan bagi tubuh. Sawo merupakan buah bergetah dengan kulit dan daging berwana coklat. Saat masih muda, sawo berwarna putih dan bergetah yang biasa disebut dengan saponin. Di dalam daging buahnya terdapat biji menggembung berwarna hitam mengilap dengan jumlah sekitar 3 – 10 biji.

6

Buah sawo selain memiliki rasa yang lezat juga kaya akan khasiat bagi kesehatan. Berikut ini adalah manfaat buah sawo bagi kehidupan, khususnya bagi kesehatan dan pengobatan berbagai macam penyakit.

  • Mencegah infeksi pada kulit dan selaput lendir, serta melawan serangan radikal bebas karena kandungan vitamin A dan C.
  • Sangat baik bagi pencernaan, mampu mengatasi sembelit, dan mencegah kanker usus karena kandungan serat yang tinggi.
  • Kandungan senyawa tannin mampu memberikan efek anti inflamasi sehingga sangat ampuh membantu Anda dari kondisi gastritis erosive, refluks esophagitis, enteritis, dan gangguan usus.
  • Kandungan gula alami pada buah sawo bisa menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh.
  • Membantu berbagai proses produksi enzim dan menjaga metabolisme tubuh karena kandungan zat besi, kalium, tembaga, asam folat, niasin, dan pentotenan.
  • Sebagai antioksidan yang sangat baik bagi tubuh karena kandungan vitamin C di dalamnya. Selain itu juga mampu meningkatkan sistem imun di dalam tubuh dan menangkal radikal bebas yang berbahaya.
  • Melindungi tubuh dari kanker paru-paru dan kanker rongga mulut karena kandungan vitamin A.
  • Mencegah penyakit anemia karena kandunganzat besi, fosfor, folat, dan nutrisi lainnya yang mampu memproduksi sel darah baru.
  • Menjaga kesehatan tubuh karena kandungan berbagai vitamin, mineral, dan gizi di dalamnya.

Bila Anda ingin mendapatkan manfaat buah sawo bagi kehidupan, sebaiknya Anda mengonsumsi sawo saat benar-benar matang. Mengapa? Karena buah sawo yang masih belum matang atau mentah mengandung getah yang tidak baik bila dikonsumsi. Efek pertama yang akan dirasakan adalah rasa gatal di sekitar mulut karena getah tersebut sangat lengket. Buah sawo bisa dimakan secara langsung atau diolah menjadi minuman jus yang menyegarkan.

Related Posts