Manfaat Lari Pagi dan Sore bagi Kehidupan

 Kesehatan

Sebagai salah satu jenis olahraga yang murah meriah, jelas sekali lari sangat disukai banyak orang. Olahraga satu ini bisa dilakukan dimanapun, kapanpun, dan siapapun. Terkait dengan waktunya, lari biasanya dilakukan saat cuaca tidak terlalu panas agar tubuh tidak terlalu banyak kehilangan cairan dan menyebabkan dehidrasi. Karena alasan itulah, kebanyakan orang melakukan lari saat pagi dan sore hari. Manfaat lari pagi dan sore bagi kehidupan sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Meski tergolong olahraga yang murah, lari mampu menjanjikan kesehatan tubuh bila dilakukan secara rutin dan teratur. Olahraga yang satu ini juga cocok dilakukan oleh pekerja yang sibuk. Tak perlu terlalu lama, cukup luangkan waktu 15 – 30 menit setiap pagi atau sore untuk sekadar lari di sekitar rumah.

Khasiat lari juga sangat bagus bagi ibu hamil, tetapi tentunya harus meminta saran dan nasihat dari dokter kandungan karena kondisi setiap ibu hamil itu berbeda-beda. Menurut beberapa peneliti dan pakar kesehatan, dalam melakukan olahraga lari sebaiknya menggunakan sepatu yang nyaman, pakaian yang menyerap keringat dan jangan dibiasakan minum di tengah-tengah perjalanan. Sepatu yang nyaman berfungsi untuk mencegah kaki dari cedera. Pakaian yang menyerap keringat agar Anda tidak terlalu gerah dan tidak nyaman dengan kodisi badan yang pastinya mengeluarkan banyak keringat. Minum di tengah aktivitas lari akan membuat perut Anda terasa tidak enak dan mual ketika Anda melanjutkan berlari kembali.

5

Manfaat lari pagi dan sore bagi kehidupan akan dipaparkan dengan lebih jelas pada uraian di bawah ini.

  • Menyehatkan organ vital seperti jantung karena lari adalah salah satu olahraga yang memiliki efek aerobik sehingga aliran darah menjadi lancar.
  • Memperbesar dan membangun otot serta meningkatkan komposisi tubuh.
  • Mengurangi lemak di tubuh sehingga sangat cocok bagi Anda yang sedang dalam program diet. Hal ini karena dengan berlari, kalori di dalam tubuh akan banyak yang terbakar ketika sedang berkeringat karena lari.
  • Meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh karena mampu menaikkan hormon baik dan otak akan bertugas untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit.
  • Menyegarkan tubuh sepanjang hari karena paru-paru akan terisi udara segar setiap kali berlari, terutama pada pagi hari.
  • Menciptakan koordinasi yang baik antara pikiran dan jiwa seseorang.
  • Menjauhkan pikiran dan stress dan depresi karena olahraga lari bisa menurunkan tingkat kecemasan, mengurangi amarah, kesal, dan meningkatkan produksi hormon antidepresi.
  • Meningkatkan kemampuan otak karena dengan berlari jumlah oksigen yang masuk ke dalam darah dan dialirkan ke otak akan semakin meningkat sehingga mampu meningkatkan konsentrasi, kreativitas, dan kesehatan mental seseorang.

Agar mendapatkan manfaat lari pagi dan sore bagi kehidupan di atas, Anda harus memperhatikan beberapa hal. pertama, jangan langsung lari dalam jarak yang sangat jauh karena akan menyebabkan kerusakan tulang bila tubuh teralu diforsir. Kedua, usahakan berlari dengan kecepatan yang stabil dan tidak terlalu cepat. Nikmatilah setiap pemandangan dan udara yang mengisi paru-paru Anda. Dengan begitu, pikiran dan otak Anda akan terasa lebih fresh dan segar.

Related Posts