Manfaat Cengkeh bagi Kehidupan

 Kesehatan

Cengkeh adalah salah satu rempah-rempah kebanggaan Indonesia. Rempah-rempah inilah yang menjadi salah satu alasan bagi penjajah berebut menduduki Indonesia. Mengapa cengkeh begitu diperebutkan? Hal ini tak bisa lepas dari manfaat cengkeh bagi kehidupan yang sangat beragam. Selain bisa dipakai untuk bahan masakan, cengkeh ternyata juga berkhasiat bagi kesehatan dan pengobatan. Yang kebanyakan diketahui masyarakat, cengkeh biasanya dimanfaatkan oleh perusahaan rokok menjadi campuran tembakau pada racikannya. Hal inilah yang membuat harga cengkeh melambung di pasaran Indonesia. Tak banyak yang tahu bahwa cengkeh bisa mengobati berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit berat atau kronis.

Cengkeh merupakan tanaman rempah asli Indonesia. Tanaman ini baik ditanam pada iklim tropis sehingga sangat cocok berada di Indonesia. Cengkeh merupakan tanaan berkayu keras dan jenis tanaman perdu berbatang besar. Pohonnya bercabang-cabang sangat kecil dan lebat. Daunnya berwarna hijau berbentuk kecil bulat telur dan agak sedikit memanjang. Di dalam cengkeh terkandung banyak sekali senyawa kimia yang sangat baik bagi kesehatan. Kandungan yang dimaksud adalah eugenin, analgesic, asam oleanolat, magnesium, kalsium, asam galotanat, fanilin, flavonoid, karyofilin, resin, gom, dan kandungan minyak atsiri pada bunganya. Dengan kandungan senyawa-senyawa kimia itulah, cengkeh dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit dan diramu menjadi obat tradisional. Hal tersebut semakin menambah minat masyarakat asing untuk merebut cengkeh dari Indonesia.

7

Terkait dengan manfaat cengkeh bagi kehidupan, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa cengkeh berikan bagi kesehatan, pengobatan, dan perawatan tubuh. Dengan cara peramuan tertentu, cengkeh bisa memberikan banyak sekali manfaat. Cek selengkapnya di bawah ini.

  • Menyembuhkan penyakit kolera dan campak
  • Mampu memberikan simpanan energi yang sangat banyak dan memiliki kandungan serat yang sangat bagus bagi pencernaan karena cengkeh banyak mengandung vitamin dan nutrisi esensial.
  • Menambah denyut jantung sehingga bisa mengatasi penyakit lemah jantung
  • Sebagai anti jamur dan anti bakteri karena senyawa eugenol di dalam cengkeh mampu mengatasi sakit kulit, membunuh bakteri berbahaya di perut, dan menghalau kuman di mulut.
  • Mampu mengobati sakit gigi, bengkak pada gusi, dan nyeri pada gusi karena kandungan senyawa analgesic.
  • Mampu mengatasi mual dan masalah pencernaan lainnya.
  • Menghambat penggumpalan darah dan menghambat stroke karena kandungan senyawa eugenol.
  • Sebagai zat perangsang karena cengkeh dipercaya memiliki kandungan zat perangsang tradisional sehingga bisa membantu kasus ejakulasi dini
  • Senyawa flavonoid pada cengkeh mampu memberikan efek anti inflamasi yang sangat ampuh menolong penderita reumatik.
  • Sebagai bahan obat anti nyamuk karena kandungan di dalam cengkeh tidak disukai nyamuk sehingga bisa mencegah penyakit demam berdarah dan malaria.
  • Menghitamkan alis mata

Berbagai manfaat cengkeh bagi kehidupan tersebut bisa Anda dapatkan bila rutin dan teratur mengonsumsi cengkeh. Penggunaannya pun tidak terlalu sulit. Untuk obat dalam, cengkeh cukup diseduh dengan air panas, bisa ditambahkan dengan madu sebagai pemanisnya. Untuk obat luar, Anda bisa mengeringkan cengkeh lalu menumbuknya sampai halus kemudian bisa dicampur dengan berbagai bahan lainnya seperti minyak kemiri untuk menghitamkan alis.

Related Posts