Pengertian Pariwisata Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Membicarakan mengenai pariwisata pastilah sangat menyenangkan. Yang akan muncul di benak kita adalah rekreasi, bersenang-senang, tempat wisata, dan segalanya yang berhubungan dengan wisata. Sebenarnya apa itu pariwisata? Dan apa pengertian pariwisata menurut para ahli? Secara sederhana, pariwisata bermakna segala sesuatu yang berhubungan dengan perjalanan untuk rekreasi, pelancong, dan turisme. Jenis-jenis pariwisata itu bermacam-macam tergantung pada tempat yang akan dikunjungi. (1) Pariwisata bahari (kelautan), meliputi pantai, taman nasional kelautan, dan lain-lain. (2) Pariwisata purbakala, meliputi museum, benteng-benteng, bangunan prasejarah, dan lain-lain. (3) Pariwisata alam, meliputi kebun raya, air terjun, gunung, dan lain-lain. (4) Pariwisata buatan atau hiburan, meliputi taman kota, alun-alun, taman bermain, waterpark, dan lain-lain.

9

                Pengertian secara umum dan sederhana di atas bisa semakin dilengkapi dengan pengertian pariwisata menurut para ahli. Berikut ini adalah paparan yang dikemukakan oleh para pakar mengenai apa itu pariwisata?

  • Menurut Koen Meyers, pariwisata adalah aktivitas perjalanan yang dilakukan oleh semntara waktu dari tempat tinggal semula ke daerah tujuan dengan alasan bukan untuk menetap atau mencari nafkah melainkan hanya untuk memenuhi rasa ingin tahu, menghabiskan waktu senggang atau libur serta tujuan-tujuan lainnya.
  • Menurut Richard Sihite, pariwisata adalah suatu perjalanan yang dilakukan orang untuk sementara waktu, yang diselenggarakan dari suatu tempat ke tempat lain meninggalkan tempatnya semula, dengan suatu perencanaan dan dengan maksud bukan untuk berusaha atau mencari nafkah di tempat yang dikunjungi, tetapi semata-mata untuk menikmati kegiatan pertamsyaan dan rekreasi atau untuk memenuhi keinginan yang beraneka ragam.
  • Menurut Kodhyat, pariwisata adalah perjalanan dari suatu tempat ketempat lain, bersifat sementara, dilakukan perorangan atau kelompok, sebagai usaha mencari keseimbangan atau keserasiaan dan kebahagiaan dengan lingkungan dalam dimensi sosial, budaya, alam dan ilmu.
  • Menurut Salah Wahab, pariwisata adalah salah satu jenis industri baru yang mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi dan penyediaan lapangan kerja, peningkatan penghasilan, standar hidup serta menstimulasi sektor-sektor produktif lainnya. Selanjutnya, sebagai sektor yang komplek, pariwisata juga merealisasi industri-industri klasik seperti industri kerajinan tangan dan cinderamata, penginapan, dan transportasi.
  • Menurut Gamal, pariwisata adalah suatu proses kepergian sementara dari seorang, lebih menuju ke tempat lain di luar tempat tinggalnya.
  • Menurut Suwantoro, pariwisata adalah suatu proses kepergiaan sementara dari seseorang atau lebih menuju tempat lain dari luar tempat tinggalnya karena suatu alasan dan bukan untuk melakukan kepergian yang menghasilkan uang.
  • Menurut James J. Spillane, pariwisata adalah kegiatan melakukan perjalanan dengan tujuan mendapatkan kenikmatan, mencari kepuasan, mengetahui sesuatu, memperbaiki kesehatan, menikmati olahraga atau istirahat, menunaikan tugas, berziarah, dan lain-lain.
  • Menurut Soekadijo, pariwisata adalah gejala yang komplek dalam masyarakat, didalamnya terdapat hotel, objek wisata, souvenir, pramuwisata, angkutan wisata, biro perjalanan wisata, rumah makan dan banyak lainnya.
  • Menurut Burkart dan Medlik, pariwisata adalah suatu tranformasi orang untuk sementara dan dalam jangka waktu jangka pendek ketujuan-tujuan di luar tempat dimana mereka hidup dan bekerja, dan kegiatan-kegiatan mereka selama tinggal di tempat-tempat tujuan itu.
  • Menurut WTO, pariwisata adalah kegiatan manusia yang melakukan perjalanan ke dan tinggal di daerah tujuan di luar lingkungan kesehariannya.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :  pengertian sistem pemerintahan , pengertian ilmu pengetahuan , pengertian bioteknologi , pengertian tari , pengertian polusi , pengertian keyboard , pengertian pembangunan , pengertian persepsi , pengertian pariwisata , pengertian reformasi

Related Posts