Pengertian Pergaulan Bebas Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Era globalisasi membuat semua hal menjadi semakin berkembang. Berbicara mengani perkembangan, pasti ada baik buruknya. Kemajuan pada era globalisasi memberikan dampak negatif yang tidak sedikit bagi masyarakat, khususnya para remaja. Remaja dianggap kalangan yang sangat mudah terkena dampak globalisasi karena kelabilan pemikiran dan tindakan. Salah satu dampak negatif tersebut adalah pergaulan bebas. Semakin hari semakin banyak saja remaja yang terjerumus ke dalam pergaulan bebas yang menyesatkan. Untuk lebih menjaga diri dari dampak negatif era globalisasi, ada baiknya bila kita memahami terlebih dahulu makna pergaulan bebas dan untuk memantapkan hal tersebut tak ada salahnya bila kita juga mempelajari pengertian pergaulan bebas menurut para ahli.

1

                Pergaulan bebas adalah produk dari era globalisasi. Seperti yang kita ketahui bahwa globalisasi bisa dengan mudah menyerang berbagai aspek dan segi kehidupan. Tak peduli besar kecil, tua muda, pria wanita, semua bisa terkena dampak negatif dari globalisasi. Maka dari itu, bagi bangsa yang memegang adat budaya timur ,seperti Indonesia, wajib untuk menyelamatkan rakyatnya, terutama para remaja, dari arus globalisasi yang semakin deras dan tak karuan. Bebasnya pergaulan di kota-kota besar, dan bahkan saat ini mulai merambah desa, disebabkan tidak adanya filterisasi dari arus globalisasi yang masuk. Banyak sekali kasus pergaulan bebas yang terjadi di kalangan masyarakat kita. Kasus-kasus tersbut antara lain pencabulan, se*ks bebas, hamil di luar nikah, penggunaan narkoba dan alkohol, serta banyak lainnya.

                Mencari pengertian pergaulan bebas menurut para ahli tidaklah begitu sulit. Hal yang sangat lumrah terjadi di masyarakat pasti membuat banyak kalangan, mulai dari masyarakat biasa sampai para tokoh, membicarakannya dan menyampaikan pendapatnya. Saat ini telah banyak ahli yang terdiri atas tokoh agama, tokoh kemanusiaan, dan orang-orang berpengaruh menyampaikan gagasan dan idenya mengenai pergaulan bebas. Menurut para ahli agama, pergaulan bebas diartikan sebagai sebuah model pergaulan yang sangat bertentangan dengan nilai-nilai ketuhanan. Tuhan menetapkan aturan-aturan di setiap agama untuk manusia sebagai penyeimbang alam semesta ini. Namun, keberadaan pergaulan bebas era globalisasi ini justru menghancurkan semua aturan tersebut.

                Pengertian lainnya, pergaulan bebas adalah melencengnya pergaulan seseorang dari pergaulan yang benar. Pergaulan bebas kerap diidentikkan sebagai bentuk dari pergaulan luar batas atau pergaulan liar. Sebuah sumber lain menyebutkan pemikiran yang berbeda dari kedua pendapat di atas. Pergaulan bebas diartikan sebagai salah satu kebutuhan hidup dari makhluk manusia sebab manusia adalah makhluk sosial yang dalam kesehariannya membutuhkan orang lain, dan hubungan antar manusia dibina melalui suatu hubungan. Pergaulan dianggap sebagai hak asasi manusia dan harus dibebaskan, jadi manusia tidak boleh dibatasi dalam hal pergaulan. Namun, bebas yang dimaksud di sini adalah tetap sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku, baik itu norma hukum, norma agama, norma budaya, serta norma dalam bermasyarakat.

                Demikian tadi ulasan mengenai pengertian pergaulan bebas menurut para ahli. Dari pengertian tersebut kita bisa mengetahui bahwa pergaulan bebas harusnya dihindari. Pergaulan bebas sama sekali tidak memberikan hal positif bagi kita, baik secara fisik maupun mental. Menjalani pergaulan yang sehat dan mematuhi norma lebih baik daripada pergaulan bebas yang menyesatkan.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian server , pengertian pergaulan bebas , pengertian hiv aids , pengertian virus , pengertian poster , pengertian media pembelajaran , pengertian karya ilmiah , pengertian e-mail , pengertian obligasi , pengertian haji , pengertian url

Related Posts