Pengertian dan Fungsi Bank Sentral

 Pengetahuan

Pahamkah anda mengenai Bank Sentral? Mulai dari pengertian dan fungsi Bank Sentral itu sendiri? Apa itu Bank Sentral? Bank Sentral didefinisikan sebagai sebuah instansi yang bertugas dan bertanggung jawab atas kebijakan moneter di wilayah negara tersebut. Tahukah anda wujud bank sentral di Indonesia?

Simaklah pembahasan yang diberi judul pengertian dan fungsi Bank Sentral, agar menambah ilmu dan pengetahuan anda. Setelah mendefinisikan pengertian Bank Sentral pada alenia sebelumnya, sekarang penulis akan menjabarkan fungsi bank sentral sesuai dengan tugas yang dimilikinya. Fungsi Bank Sentral di Indonesia diselenggarakan oleh Bank Indonesia. Otoritas moneter, perbankan, dan system pembayaran merupakan tugas utama yang dijalankan Bank Indonesia. Bank Indonesia mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, karena Bank Indonesia mampu menjaga stabilitas moneter (memelihara keuangan agar tetap stabil) tanpa diikuti stabilitas system keuangan. Sebagai bank sentral, Bank Indonesia memiliki lima tugas. Tugas – tugas tersebut dikerjakan dengan fungsi sebagai berikut ;

2

  1. Bank Indonesia dituntut untuk mampu menetapkan kebijakan moneter yang tepat dan berimbang. Dengan tugas ni Bank Indonesia berfungsi sebagai penetap dalam kebijakan moneter secara tepat dan berimbang. Hal ini berhubungan dengan adanya gangguan stabilitas moneter yang memiliki dampak langsung terhadap berbagai aspek ekonomi. Sehingga dalam tugasnya Bank Indonesia menerapkan suatu kebijakan yang diseut inflation targeting framework.
  2. Bank Indonesia berperan dalam menciptakan kinerja lembaga keuangan yang sehat. Sehingga dalam tugasnya Bank Indonesia berfungsi untuk menciptakan stabilitas di sector perbankan secara berkelanjut dengan cara menyusun Arsitektur Perbankan Indonesia dan rencana implementasi Basel II.
  3. Bank Indonesia berwewenang dalam mengatur dan menjaga kelancaraan system pembayaran. Bank Indonesia memiliki informasi juga keahlian untuk mengidentifikasikan resiko potensial dalam system pembayaran. Sehingga dalam tugasnya, Bank Indonesia menerapkan system pembayaran yang bersifat real, sehingga meningkatkan keamanan dan kecepatan dalam system pembayaran
  4. Bank Indonesia berfungsi dalam riset dan pemantauan, dimana dalam fungsinya memiliki tugas sebagai pengembangan instrument dan indicator yang dapat mendeteksi kerentanan dalam sector keuangan. Hasil dari tugas ini akan menjadi rekomendasi bagi otoritas terkait dalam mengambil langkah – langkah yang tepat untuk meredam gangguan dalam sector keuangan.
  5. Bank Indonesia berfungsi sebagai jaringan pengaman dalam system keuangan. Dengan fungsi ini, Bank sentral bertugas dalam mengelola krisis untuk menghindari terjadinya ketidak stabilan dalam system keuangan. Fungsi Bank Indonesia mencakup penyediaan likuiditas pada kondisi normal maupun stabil. Jika pada kondisi normal, fungsi ini diterapkan pada bank yang mengalami kesulitan likuiditas temporer, namun masih memilik kemampuan untuk membayar kembali.

Mengertikah anda sekarang mengenai Bank Sentral mulai dari eujud bank sentral di Indonesia, juga pengertian dan fungsi Bank Sentral? Semoga pembahasan artikel dengan judul pengertian dan fungsi Bank Sentral memberikan ilmu baru, menambah wawasan dan juga meimbulkan rasa penasaran bagi pembaca agar setelah membaca artikel ini anda terus dan terus mencari ilmu aru apapun itu. Karena ilmu apapun yang ada di alam memiliki manfaat apabila digunakan sesuai dengan semestinya.

Related Posts